Jaga Keberagaman , Menteri Nadiem Ingin Seluruh Sekolah Terapkan Aturan Pakai Baju Adat Daerah di Hari-hari Tertentu

Jaga Keberagaman , Menteri Nadiem Ingin Seluruh Sekolah Terapkan Aturan Pakai Baju Adat Daerah di Hari-hari Tertentu

Jumat, 28 Februari 2020

Hasil gambar untuk siswa pakai baju adat daerah dan nadiem makarim

Merdekabelajar.my.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Makarim mengapresiasi langkah Kabupaten Samosir, Sumatra Utara yang mewajibkan siswa dan guru di sekolah untuk menggunakan kain Ulos setiap Kamis. Hal itu dinilai efektif untuk menjaga warisan budaya.

Nadiem mengusulkan, agar mengenakan baju daerah di hari-hari tertentu dapat diterapkan di sekolah secara nasional. "Sekolah itu bisa kita kerahkan. Saya jadi terinspirasi bagaimana kalau ini dilakukan secara nasional ya," kata Nadiem saat sesi diskusi di Rakornas bidang Kebudayaan, di Hotel Grand Sahid Jakarta

Dia menyebut, dengan penggunaan pakaian daerah bisa menghidupkan keberagaman. Siswa sekolah dianggap Nadiem sebagai pelopornya.

"Kalau kita ingin melakukan keberagaman, dan kebinekaan, kenapa enggak kita tunjukkan dari murid-murid kita," ujarnya.

Kepala Bidang Dinas Kebudayaan Samosir, Teti Naibaho membuat kebijakan menggunakan kain tenun Ulos di sekolah setiap Kamis sebagai bagian dari melestarikan warisan budaya ke generasi milenial. "Sudah ada Batak Day di hari Kamis untuk siswa dan guru, tapi kita harapkan ke depan jadi Perbup (Peraturan bupati) agar semua ASN di Samosir menggunakan Ulos, agar pengrajin Ulos bisa berkembang dan semakin rajin menenun," pungkas Teti.

Sebelumnya, Nadiem Makarim juga menggagas cagar budaya harus kekinian agar akrab dengan milenial. Nadiem menginginkan agar cagar budaya ke depannya juga memiliki tempat nongkrong untuk menarik perhatian anak muda.

"Jadi kalau mau menciptakan sesuatu, cagar budaya harus ada lingkungan sekitar atau tempat tongkrongannya harus nyaman," kata Nadiem dalam Rapat Koordunasi Nasional Bidang Kebudayaan, di Hotel Grand Sahid Jakarta.

Sumber : Medcom

Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.