Tambahkan 2 Kompetensi Baru dalam Kurikulum 2013, Menteri Nadiem Minta Ini Ke Guru

Tambahkan 2 Kompetensi Baru dalam Kurikulum 2013, Menteri Nadiem Minta Ini Ke Guru

Selasa, 25 Februari 2020

Hasil gambar untuk menteri nadiem dan kurikulum 2013

Merdekabelajar.my.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, akan menambah dua kompetensi dasar baru dalam kurikulum 2013. Keduanya yakni Computational Logic dan Compassion.

Dalam kurikulum 2013 ada empat kompetensi atau yang akrab disebut 4C, yakni Creativity, Critical Thinking, Collaboration dan Communication.

Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbud, Awaluddin Tjalla, menjelaskan, ke depan harus dimasukkan dalam kurikulum agar anak siap menghadapi masa depan dan bagi guru bisa mengajar dengan baik.

”Komponen ini sebenarnya harus dimiliki ya. Bukan cuma pada murid, tapi juga guruguru. Dua komponen ini disampaikan Mas Menteri (Nadiem Makarim) sebagai komponen penting yang harus ada dalam perspektif kurikulum. Artinya, dua komponen ini harus dimiliki anak didik kita,” terangnya.

Awaluddin menjelaskan, computational logic ini nantinya harus menjadi sebuah budaya dalam pembelajaran. Tak hanya di mata pelajaran (Mapel) tertentu, Sains misalnya.

”Dengan guru yang memiliki kemampuan strategi untuk memecahkan masalah, secara naluriah akan dituangkan dan di-share dalam bentuk bagaimana dia menginisiasi mata pelajaran. Bicara computational logic ini juga bukan hanya untuk mata pelajaran matematika dan sains,” terangnya.

”Saya kira ini merupakan hal penting untuk kesiapan anak didik kita di masa depan,” imbuhnya.

Sementara terkait compassion, kata Awaluddin, ini merupakan kompetensi yang harus dimiliki guru ketika mengajar. Compassion sekaligus dapat membangun integritas.

”(guru) Harus punya minat bakat dan integritas yang tinggi dalam sebuah profesi. Dalam mengajar guru yang baik adalah guru yang mempunyai compassion untuk mengajar dengan baik. Artinya, dia mencintai profesi yang dia laksanakan,” jelasnya.

Untuk itu, guru penggerak yang diusung Nadiem nantinya harus menguasai dua kompetensi anyar dan empat kompetensi yang sudah ada.

Sumber : radarsukabumi.com

Demikian berita utama hari ini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.