Belajar di Rumah, Ini Panduan untuk Guru, Orangtua, Siswa dan Kepala Sekolah Sesuai Arahan Presiden

Belajar di Rumah, Ini Panduan untuk Guru, Orangtua, Siswa dan Kepala Sekolah Sesuai Arahan Presiden

Kamis, 19 Maret 2020

Hasil gambar untuk belajar dari rumah

Merdekabelajar.my.id - Presiden Joko Widodo berharap sekolah dan guru berperan aktif agar penghentian proses belajar tatap muka di sekolah terkait wabah corona tidak membuat siswa justru bermain ke luar. 

Imbauan ini disampaikan Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor (16/3/2020) terkait koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan wabah corona. 

Presiden Jokowi meyakini, jika dijalankan dengan baik maka belajar dari rumah ini dapat mengurangi penyebaran virus corona. 

"Kalau ini bisa efektif (pembelajaran dari rumah), saya yakin akan mengurangi banyak sekali mobilitas para pelajar dan mahasiswa dan mengurangi penyebaran covid-19," ujar Presiden Jokowi. 

Lalu, bagaimana agar pembelajar di rumah dapat berjalan efektif? 

Melansir akun Instagram resmi Dinas Pendidikan Jakarta berikut panduan tugas untuk kepala sekolah, guru, orangtua dan siswa: 

Tugas kepala sekolah 

1. Kepala sekolah memberikan surat tugas kepada guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di rumah sesuai dengan kelas atau mata pelajaran yang diampu guru melalui berbagai media online. 

2. Membuat surat edaran kepada orangtua tentang pelaksanaan pembelajaran di rumah atau home learning dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penularan virus corona di sekolah. 

3. Melakukan sosialisasi kepada siswa mengenai media pembelajaran secara daring dan tata cara penggunaan media tersebut. 

4. Melakukan pengendalian dan pengawasan atas pelaksanaan pembelajaran di rumah yang telah ditugaskan kepada guru. 

5. Melaporkan hasil kegiatan belajar di rumah kepada dinas pendidikan. 

Tugas guru 

1. Menyiapkan bahan ajar yang akan diunggah atau disebarkan kepada siswa melalui media atau aplikasi pembelajaran yang dipilih. 

2. Guru menentukan media belajar yang sesuai dengan kondisi siswa agar belajar di rumah dapat berjalan secara efektif. Beberapa media yang dapat dipilih antara lain; grup Whatsapp, email, Google Clasroom, atau aplikasi media belajar lain rekomendasi Kemendikbud. 

3. Guru mengunggah media pembelajaran berupa modul, tutorial, video, latihan soal, lembar kerja siswa ke media yang telah ditetapkan atau disepakati bersama. 

4. Guru wajib memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan siswa. 

5. Guru memeriksa dan melakukan evaluasi atas proses pembelajaran daring atau belajar di rumah ini untuk mendapatkan umpan balik hasil pembelajaran. 

Tugas orangtua 

1. Memastikan siswa melaksanakan kegiatan belajar di rumah masing-masing dan membatasi izin kegiatan di luar rumah. 

2. Melakukan koordinasi dengan wali kelas, guru atau sekolah. 

3. Membantu siswa menerapka pola hidup bersih sehat (PHBS) di rumah. 

Tugas siswa 

1. Siswa mempelajari bahan atau materi mata pelajaran diunggah guru melalui media yang telah disepakati. 

2. Siswa dapat melakukan diskusi dengan guru melalui media online jika masih ada hal yang kurang jelas dari materi yang diberikan.

Sumber : kompas.com

Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.