Guru Honorer Tak Punya NUPTK Akan Mendapatkan Subsidi dari APBD

Guru Honorer Tak Punya NUPTK Akan Mendapatkan Subsidi dari APBD

Senin, 02 Maret 2020

Hasil gambar untuk guru honorer tak punya nuptk

Merdekabelajar.my.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menaikkan batasan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari 15 persen ke 50 persen untuk gaji tenaga honorer. Apa kata Disdik Kota Bandung?

Kabid Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Disdik Kota Bandung, Edy Suparjoto mengakui saat ini masih banyak tenaga honorer yang belum memiliki Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan (UNPTK).

Pada 2019, jumlah tenaga honorer di Kota Bandung mencapai 11.228 yang terdiri dari guru dan TAS. Sedangkan kebijakan Mendikbud soal dana BOS naik hingga 50 persen diperuntukkan bagi guru honorer yang telah memenuhi persyaratan, salah satunya memiliki NUPTK.

"Sekarang tidak sebanyak itu, sebagian masih menerima karena masih punya NUPTK. Jadi data pastinya nanti saya berikan," kata Edy saat dihubungi, Senin (02/03/2020).

Menurutnya, kendala tidak memiliki NUPTK ini berasal dari sulitnya mendapatkan penerbitan SK. "Sebagian besar belum di SK kan oleh kepala dinas pendidikan. Kalau di sekolah swasta tidak masalah karena (dikeluarkan) oleh yayasan," tambahnya.

Saat ini, pihaknya sedang mengakali guru honorer yang tidak memiliki NUPTK. Yaitu dengan cara membuat surat tugas yang dikeluarkan kepala dinas pendidikan.

Selain itu, Pemkot Bandung melalui Disdik akan menangani guru honorer yang tidak mendapatkan honor dari dana BOS akan mendapatkan subsidi dari APBD.

"Makanya kami melalui Pemkot Bandung, honor yang tidak tertanggulangi oleh Bos pusat, sesuai regulasi Peraturan Menteri nomor 8 Tahun 2020 itu akan kami coba tanggulangi yang bersumber dari APBD," ujar Edy.

Sumber : detik.com

Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare...