Kumpulan Ice Breaking Terbaru, Seru Dan Menyenangkan Untuk Menghilangkan Kejenuhan di Kelas

Kumpulan Ice Breaking Terbaru, Seru Dan Menyenangkan Untuk Menghilangkan Kejenuhan di Kelas

Sabtu, 07 Maret 2020

Hasil gambar untuk siswa sd di dalam kelas

Merdekabelajar.my.id - Ice breaker sangat dikenal di dunia pelatihan (training), outbond, kelas, workshop dan sejenisnya. Ice breaker adalah sebuah permainan yang umumnya lucu dan mengundang tawa untuk mencairkan suasana dalam sebuah acara.

Arti ice breaker secara bahasa adalah ice(es) dan breaker(pemecah) dengan kata lain ice breaker adalah “pemecah kebekuan”. 

Secara istilah ice breaker diartikan sebagai suatu kegiatan yang biasanya berupa games untuk memecahkan kebekuan dalam sebuah pertemuan seperti seminar,presentasi,ceramah,pelatihan,dan jenis kegiatan public speaking lainnya. Kegembiraan yang muncul dalam ice breaking tidak boleh hanya sekedar membuat riuh dan kebahagiaan yang bersifat hura-hura.

Kegembiraan dalam ice breaking harus menumbuhkan minat,semangat,keceriaan,keterlibatan penuh,dan terciptanya makna pemahaman dan nilai-nilai yang bermanfaat baik dari segi moral,pendidikan dan lain sebagainya. Berikut ini saya menawarkan berbagai permainan ice breaking yang bisa anda pakai untuk menghilangkan rasa kejenuhan dalam sebuah pertemuan,pelatihan ,mos,ospek dan lain sebagainya.

1. Menyambut pemateri
  1. Semua peserta bertepuk tangan dan menyanyikan lagu”selamat datang kakak,selamat datang kakak,selamat datang kami ucapkan” lagu ini diulangi dua kali atau sesuai kesepakatan
  2. Setelah materi selesai maka peserta kembali bertepuk tangan dan bernyanyi “terima kasih kakak,terima kasih kakak,terima kasih kami ucapkan”.

Kegiatan yang ini selalu saya kerjakan dan siswa semangat belajar.

2. Smile
  1. Saat mentor mengatakan smile maka peserta harus menjawabnya dengan kalimat ”pribadi,tumbuh,berkembang,sukses,yes”.
  2. Disertakan dengan gerakan yang sepantasnya
  3. Mentor bisa saja langsung teriak smile saat suasana sedang jenuh dan peserta harus bisa langsung menjawabnya.
3.Tawa perkenalan
  1. Buat sebuah lingkaran yang besar sesuaikan dengan jumlah peserta
  2. Siapkan selembar kertas dan balpoin
  3. Masing-masing peserta menuliskan namanya dibagian pojok kiri atas lalu dilipat dua kali sampai namanya tertutup
  4. Putar kertas tersebut sampai peserta tidak mendapatkan kertasnya sendiri
  5. tulis didalam lipatan kertas yang masing-masing dipegan oleh peserta dengan kata predikat tapi tidak boleh dibuka lebar dan tidak pula untuk dillirik isi kertas tersebut lalu diputar lagi
  6. Tulis kata objek pada lipatan kertas yang masih kosong dan ingat ditulis dibawah lipatan kertas suapaya tulisannya berada pada satu halaman dan tidak bolak balik lalu diputar lagi.
  7. Selanjutnya tulis kata keterangan tempat dan waktu setelah itu mentor menginstruksikan untuk memutar kertasnya dengan cepat dan semakin cepat sampai peserta berhamburan lalu mentor berteriak stop
  8. Dalam keadaan ini ada peserta yang tidak kebagian kertas ada juga yang memegan kertas lebih dari dua
  9. Peserta yang seperti itu akan disuruh membacakan isi kertas didepan teman-temannya
  10. Biasanya isi kertas itu akan mengundang tawa
  11. Contoh tulisan dari kertas tersebut adalah “herman bermain game  di dalam air pada malam hari 

4. Siapa dia
  1. Peserta membentuk lingkaran besar
  2. Mentor menunjuk salah satu diantara peserta untuk memperkenalkan diri dan selengkap-lengkapnya termasuk cita-cita
  3. Perkenalan dilanjutkan dengan orang yang berada disamping nya tapi orang kedua harus memperkenalkan orang yang pertama dengan lengkap lalu disusul dengan memperkenalkan dirinya
  4. Selanjutnya orang ketiga harus memperkenalkan orang pertama dan orang kedua lalu memperkenalkan dirinya dan begitu seterusnya sampai selesai.

Ayo buruan di coba Bapak  dan Ibu.. Sangat seruuuuuu...!

5. Suara tembakan
  1. Mentor membagi peserta kedalam beberapa kelompok
  2. Setiap kelompok diberi suara tembakan yang berbeda-beda
  3. mentor  menunjuk salah Satu kelompok dan kelompok tersebut harus mengelurkan suara tembakannya
  4. mentor menunjuk kelompok lain dan mengeluarkan suara tembakannya dan seterusnya
  5. untuk lebih seru,mentor harus menunjuk kelompok secara acak dan cepat

6. Ikuti yang dilihat
  1. kata kunci dalam permainan ini adalah “lakukan apa yang saya lakukan jangan lakukan apa yang saya katakana”.
  2. Mentor menyampaikan aturan dan cara permainan kepada peserta
  3. Bila perlu berikan contoh seperti mentor mengucapkan pegan kepala padahal mentor memegan telinga maka peserta harus memegan telinga karena kuncinya adalah melakukan apa yang dilakukan mentor,bukan apa yang diucapkan mentor.
  4. Setelah peserta paham maka mentor memulai aksinya
  5. Siapa yang salah dalam permainan ini ,maka dia akan dihukum.

7.  Ikuti yang didengarkan
  1. Kata kunci dalam permainan ini adalah “ikuti apa yang saya katakan”
  2. Mentor menyampaikan cara permainan
  3. Setelah peserta paham dengan cara permainan maka mentor memulai aksinya
  4. Mentor mengatakan ayam,ayam,itik,ayam,itik,itik,ayam,itik
  5. Lalu peserta menggikuti yang disebutkan mentor
  6. Lalu mentor melanjutkan dengan kata berapa jumlah ayam
  7. Biasanya peserta kebingungan dan minta diulang
  8. Baiklah silahkan mentor  ulangi dari awal
  9. Ketika pesera mengucapkan jumlah ayam adalah sekian maka mentor berkata kalian semuah salah.silahkan diulangi lagi sampai peserta sadar kalau seharusnya peserta harus mengikuti perkataan mentor bukan malah menjawabnya.

8. Mengulang Petunjuk
  1. Mentor menyampaikan cara permainan
  2. Mentor  menunjukkan jari jempol adalah saya,jari telunjuk adalah kamu,jari tengah adalah dia,jari manis adalah kami,dan jari kelingking adalah kalian
  3. Contoh mentor mengangkat  telunjuk maka peserta harus menjawab kamu,jika mentor mengangkat jempol maka peserta harus menjawab saya,dan jika mentor mengangkat jempol dan telunjuk maka peserta harus menjawab saya dan kamu dan seterusnya
  4. Ketika peserta sudah paham maka  mentor memulai aksinya dengan mengangkat rari tangannya secara acak,mentor bisa menunjuk satu orang untuk menjawab dengan cepat
  5. Biasanya peserta lambat dalam memikirkan pasangannya.

Ayo buruan di coba Bapak  dan Ibu.. Sangat seruuuuuu...!

9. tebak-tebakan

Rumus dari permainan ini adalah
Ini= ayam
Yang ini= sapi
Kalau yang ini= kerbau
  1. Mentor memberikan pertanyaan pada peserta dengan menunjuk jari-jari tangannya
  2. Peserta harus menjawab pertanyaan sesuai dengan kunci permainan diatas
  3. Mentor berhak mengacak pertanyaan dengan menunjuk sembarang jari-jari tangannya
  4. Ketika peserta sudah paham maka mentor memulai aksinya
  5. Mentor bisa menanyakan satu orang atau keseluruhan
  6. Biasanya peserta akan salah-salah dalam menjawab karena mereka focus pada jari tangan mentor padahal sesungguhnya jari hanya sebagai pengecoh dan kita hanya focus pada pertanyaannya
  7. misalkan mentor bertanya ini maka jawabannya adalah ayam,jika mentor bertanya yang ini maka jawabannya adalah sapi dan jika mentor bertanya ini dan yang ini maka jawabannya adalah ayam dan sapi.

Sumber : kemdikbud

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.