Materi Edukasi Covid-19 untuk Ibu Hamil, Guru hingga Tokoh Agama dan Masyarakat

Materi Edukasi Covid-19 untuk Ibu Hamil, Guru hingga Tokoh Agama dan Masyarakat

Kamis, 26 Maret 2020

Hasil gambar untuk Materi Edukasi Covid-19 untuk Ibu Hamil, Guru hingga Tokoh Agama

Merdekabelajar.my.id - Pemerintah Indonesia meluncurkan pusat data virus corona Covid-19 yakni covid19.co.id. Selain melampirkan data terkait kasus Covid-19 di Indonesia, portal ini juga memuat materi edukasi untuk ibu hamil hingga tokoh agama. 

"Materi-materi edukasi yang Anda temukan di halaman ini dapat dipergunakan dan disebarluaskan untuk memberikan pengayaan kepada masyarakat mengenai virus corona atau Covid-19," demikian ditulis dalam website tersebut. 

Cara menemukan materi edukasi Covid-19 ini dengan mengakses https://www.covid19.go.id/. Pilih menu Materi Edukasi yang berada di pojok kanan atas. 

Materi Edukasi Covid-19 untuk Guru dan Siswa 

Terdapat materi edukasi Covid-19 untuk guru san siswa, ibu hamil, masyarakat umum, traveler, orang tua, orang-orang berisiko, pengusaha dan bisnis, tenaga kesehatan serta tokoh agama dam masyarakat. 

Materi edukasi Covid-19 untuk guru misalnya menjelaskan hal terpenting yang kita perlu lakukan adalah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik. 

Bila siswa masih terlalu kecil, bantu dia mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir yang benar. Bila guru atau siswa sakit, istirahatlah di rumah. 

Ajak siswa membuat poster, menulis puisi atau esai tentang cara melindungi diri dan orang lain. Kenalkan virus corona dan COVID-19 di kelas science. 

Praktikkan cara menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk dan cara bersalaman gaya baru yang aman. 

Materi Edukasi Covid-19 untuk Ibu Hamil 

Ibu hamil perlu menghindari virus corona (COVID-19) dengan mendapatkan fasilitas terpisah dari pasien suspek atau terkonfirmasi COVID-19. 

Yang lebih penting, ibu hamil harus melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari infeksi virus corona baru (COVID-19). 

Wanita hamil harus terus makan makanan bergizi, cukup minum dan mengunjungi bidan secara teratur . Hindari bersalaman dan sebagai pengganti, lambaikan tangan, salam siku atau beri senyum. 

Jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang. Jangan berada dekat orang yang tidak sehat Hindari menyentuh wajah karena mulut, hidung dan mata adalah pintu masuk virus. 

Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik. Gunakan cairan pembersih tangan (minimal 60 persen alkohol), bila sabun dan air mengalir tidak tersedia. 

Materi Edukasi Saat Melakukan Perjalanan 

Virus corona menyebar cepat dan banyak negara memberlakukan regulasi-regulasi baru yang mengatur perjalanan. Karena itu, penting untuk mengikuti informasi terbaru. 

Bila Anda perlu berpergian dengan kendaraan umum lakukan perilaku kebersihan yakni Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 20 detik atau bila sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan (alkohol 60 persen). 

Kebanyakan armada penerbangan melakukan tindakan pembersihan dengan disinfektan, namun Anda pun dapat memastikan kebersihan meja dan sandaran tangan dengan dengan lap atau tisu disinfektan lalu membuangnya dengan aman. 

Saat melakukan perjalanan ke luar negeri, selalu cek informasi mengenai larangan atau pembatasan perjalanan atau regulasi di negeri tujuan dan untuk kembali ke Indonesia. 

Materi Edukasi Covid-19 untuk Orang Tua 

Orang tua diimbau untuk menjelaskan hal terpenting yang perlu lakukan adalah cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik (Gunakan cara mudah mengukur durasi 20 detik semisal menyanyi lagu Selamat Ulang Tahun 2x). 

Selain itu, orang tua juga wajib mengingatkan anak untuk menjaga jarak paling sedikit 1 meter dengan orang. Jangan berada dekatorang yang tidak sehat. 

Orang tua juga harus menyampaikan bahwa anak harus menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin atau gunakan tisu, yang langsung dibuang ke tempat sampah tertutup setelah digunakan. 

Ingatkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pembersih tangan setelahnya. 

Materi Edukasi untuk Pelaku Bisnis 

Anda diimbau untuk mempersiapkan tempat kerja yang bersih dan higienis. Permukaan seperti bangku, meja dan benda lainnya harus dibersihkan dengan disinfektan secara teratur. 

Ajak semua rekan kerja untuk mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh menggunakan air yang mengalir selama 20 detik. 

Ajak semua rekan kerja untuk menjaga kebersihan pernapasan dan cek imbauan perjalanan dari peemrintah sebelum bepergian untuk urusan bisnis atau kerja. Mereka yang sakit diimbau utnuk beristirahat di tumah. 

Pastikan karyawan Anda mematuhi larangan setempat mengenai perjalanan, pergerakan atau perkumpulan dalam jumlah besar. 

Perusahaan juga diimbau untuk mempersiapkan mekanisme beekrja dari jarak jauh atau remote working untuk mencegah penyebaran wabah corona. 

Materi Edukasi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan 

Tenaga kesehatan diimbau untuk tetap melindungi diri di tempat kerja dengan mengikuti panduan manajemen fasilitas pelayanan kesehatan tentang prosedur keamanan Covid-19. 

Saat memasuki ruangan yang mana kasus suspek atau terkonfirmasi Covis-19 berada, kenakan: Sarung tangan sekali pakai 
  • Jubah lengan panjang bersih 
  • Masker medis yang menutupi mulut dan hidung 
  • Perlindungan mata, seperti kacamata 

Dalam menjalankan prosedur yang menghasilkan aerosol seperti intubasi, gunakan respirator partikulat seperti N95 dan periksa kerapatannya. 

Perlu diingat, alat perlindungan diri harus diganti jika akan digunakan ulang dan juga diganti untuk setiap pasien. 

Alat perlindungan diri sekali pakai (masker, sarung tangan, pelindung wajah sekali pakai) harus dibuang di tempat sampah tertutup dan cucilah tangan secara menyeluruh. Barang sekali pakai tidak boleh digunakan ulang atau disterilisasi. 

Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol atau cuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun: 
  • Sebelum menyentuh pasien 
  • Sebelum menjalankan prosedur bersih/aseptik 
  • Setelah ada risiko terpapar cairan tubuh 
  • Setelah menyentuh pasien 
  • Setelah menyentuh lingkungan sekitar pasien
Materi Edukasi untuk Tokoh Agama dan Masyarakat 

Anda dapat membantu melawan Covid-19 dengan memastikan semua orang mendapat informasi yang benar dan tidak menyebar hoaks atau informasi yang salah. 

Anda juga dapat membuat WA Group bagi lingkungan setempat agar warga selalu menerima informasi terkini. Sampaikan pesan-pesan kesehatan kunci dan pasang poster-poster. 

Ketahui fakta-fakta dan berbagilah pada sesama untuk membantu mengurangi ketakutan dan kecemasan. 

Bantu masyarakat untuk menghindari hoax dan informasi yang salah. Bantu hilangkan stigma pada kelompok orang yang dipersepsikan sebagai pembawa virus. Bantu agar setiap keluarga dapat memiliki sarana dan mau mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. 

Bantu agar warga tahu apa yang harus dilakukan bila mengalami gejala mirip Covid-19. Identifikasi kelompok warga yang berisiko tinggi: kelompok lansia (lanjut usia) dan mereka dengan penyakit menahun (kronis) seperti diabetes, penyakit jantung, paru-paru dan informasikan cara mengurangi risiko tertular virus corona.

Sumber : https://tirto.id

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.