Pertanyakan Tunjangan Sertifikasi yang Tak Dibayarkan, Sejumlah Guru Malah Diancam Mutasi

Pertanyakan Tunjangan Sertifikasi yang Tak Dibayarkan, Sejumlah Guru Malah Diancam Mutasi

Sabtu, 14 Maret 2020

Berita Ambon

Merdekabelajar.my.id - Belasan guru SMP Negeri 2 Ambon berbondong-bondong mendatangi kantor DPRD Kota Ambon untuk mengadukan uang sertifikasi yang menjadi hak mereka belum didapatkan hingga saat ini.

Salah satu guru yang berhasil diwawancarai Tim DMS Media Group, Kamis (13/02/2020) Petrusina Laisina, menjelaskan dari bulan Juli sampai dengan bulan Desember tunjangan sertifikasi mereka tidak dibayarkan sama sekali, sekalipun pihaknya telah mempertanyakan hal tersebut kepada bagian operator namun jawaban yang diterima tidak memuaskan.

Laisina menambahkan dirinya bersama rekan – rekannya telah berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mencari solusi bagi mereka semua namun, kepala sekolah mengancam akan memutasi siapapun oknum guru yang terus-menerus bertanya terkait dengan uang sertifikasi.

“Yang mengancam kami itu kepala sekolah yakni Gani Suat, beliau bilang jika kami mengadukan hal ini ke Dinas Pendidikan, beliau tidak segan-segan akan melaporkan kami ke BKD untuk dimutasikan” ujar Laisina.

Sementara itu Kepala Operator Dinas Pendidikan Kota Ambon, Imelda Mansyur saat menghadiri panggilan komisi II untuk membahas permasalahan tersebut menjelaskan, beberapa guru yang tidak mendapatkan uang sertifikasi ini akibat adanya penumpukan guru pada sekolah tingkat SMP di kota Ambon dimana sejumlah mata pelajaran di sekolah tersebut diajarkan guru yang sama.

Imelda juga menambahkan guru yang mengajar mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia,IPA,IPS, dan Matematika ini menumpuk di beberapa Sekolah SMP seperti SMP Negeri 2, SMP Negeri 11 dan SMP Negeri 16 kota Ambon.

“Itu terkait dengan penumpukan guru di jenjang SMP, jadi kalau ada guru yang datang mengeluhkan ketiadaan uang sertifikasi, maka kami tidak bisa berbuat banyak,sebab tunjangan yang diberikan ini sesuai dengan tunjangan profesi, sementara sejumlah guru-guru ini mengajar pada mata pelajaran yang sama” ujar Imelda.

Dinas Pendidikan telah berupaya untuk memutasikan beberapa guru dari tiga sekolah tersebut akan tetapi jika mutasi dilakukan maka harus sesuai dengan tempat tinggal atau zonasi para guru yang telah diberlakukan saat ini, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab banyak guru tidak masuk dalam daftar penerima tunjangan sertifikasi guru di kota Ambon. Berita Ambon radiodms.com

Sumber : radiodms.com

Demikian berita yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare...