Semua Orang Bisa Mengajar, Tapi Tidak Untuk Mendidik, Hanya Orang-orang Pedulilah Yang Bisa Mendidik

Semua Orang Bisa Mengajar, Tapi Tidak Untuk Mendidik, Hanya Orang-orang Pedulilah Yang Bisa Mendidik

Kamis, 26 Maret 2020


Selamat datang di merdekabelajar.my.id_Semua orang bisa mengajar, tapi tidak untuk mendidik. hanya orang-orang pedulilah yang bisa mendidik, Guru merupakan suatu profesi yang memanusiakan manusia. Sehingga seorang guru harus memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni untuk dapat menjadi guru yang baik.

Pemerintah membuat kurikulum jika seseorang ingin menjadi guru pada universitas keguruan baik negeri maupun swasta. Sehingga lulusannya akan mendapatkan akta mengajar. Akta mengajar diyakini cukup sebagai bekal pendidik. Bahkan kemudian diragukan sehingga ada program sertifikasi guru sebagai proses pelatihan sebagai bekal akhir untuk menjadi guru.

Kemudian program sertifikasi menjadi suatu keharusan dengan sarat terakhir harus memiliki pengalaman mengajar di buktikan dengan bukti autentik menjadi guru sejak 2005. Walaupun ijazah tidak sesuai dengan bidang studi yang di tempuh. Kemudian muncul kebijakan harus linier. Beramai-ramai guru kuliah sesuai sertifkat profesi yang dimiliki.

Kemudian ada program PLPG dalam jabatan. Terkini adalah PPG dimana seseorang saat akan menjadi guru harus kuliah pendidikan guru selama satu tahun.

Idealnya akan lahir guru-guru profesional yang memiliki sertifikat profesi guru baik untuk guru negeri maupun swasta.

Kondisi di lapangan berbeda praktiknya. Saat kebutuhan guru mendesak mengunakan prinsip tidak ada rotan akarpun jadi. Jika seseorang mau belajar tidak ada yang tidak mungkin untuk dapat mengajar dengan baik. Belajar secara autodidak untuk menjadi guru walaupun beresiko.

Mengapa saya mengatakan beresiko? Ada guru yang tidak memiliki pendidikan keguruan akan tetapi tidak mau belajar. Kondisi dilapangan melakukan kegiatan mal praktik saat mengajar.

Melakukan penyimpangan saat melakukan proses pendidikan seperti pengunaan metode yang keliru, evaluasi yang salah kaprah, cara mendidik yang tidak tepat dalam memberikan sanksi dan riewed. Akhirnya tujuan pendidikan tidak tercapai.

Menurut saya, tidak semua orang bisa menjadi guru. Guru harus mempunyai keilmuan mendidik yang cukup sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.

Andaikan harus menjadi guru tetapi tidak memiliki pengetahuan mendidik, lembaga pendidikan tempat bertugas harus bertanggungjawab memberikan pelatihan kepada guru yang bersangkutan. Dengan tetap melakukan pengawasan yang ketat.

Jika dapat belajar dan beradaptasi menjadi guru perlu dicoba itupun jika tidak ada sama sekali yang berpendidikan guru.

Sumber : gurusiana.id

Demikian yang dapat merdekabelajar.my.id bagikan, semoga bermanfaat.