Jokowi Minta Guru Fokus Mengajar, Tak Terbelit Urusan Administrasi

Jokowi Minta Guru Fokus Mengajar, Tak Terbelit Urusan Administrasi

Jumat, 03 April 2020


Selamat datang di merdekabelajar.my.id_Presiden Joko Widodo meminta para guru fokus mengajar dan tak terjebak pada proses administrasi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, melalui sambungan konferensi video, Jumat (3/4/2020).

"Ini berkali-kali saya tekankan. Mengenai beban administrasi guru. Guru tidak fokus kegiatan belajar mengajar tapi lebih banyak dipakai untuk hal-hal yang berkaitan dengan administrasi. Ini tolong digarisbawahi," ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan, beban administrasi guru bisa dikurangi dengan pemanfaatan teknologi informasi sehingga waktu dan tenaga mereka lebih banyak tercurahkan untuk mengajar.

Hal senada disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang mengikuti rapat tersebut lewat sambungan konferensi video.

Untuk mengontrol kualitas guru, Nadiem meminta para kepala sekolah juga memanfaatkan teknologi informasi untuk memonitor proses belajar mengajar para gurunya.

Ia menambahkan, teknologi informasi juga bisa dimanfaatkan para kepala sekolah untuk memudahkan mereka mengurus administrasi sehingga mereka juga punya waktu lebih banyak untuk memonitor para guru.

"Penggunaan teknologi untuk meminimalisir beban administrasi mereka (kepala sekolah) sehingga mereka bisa fokus kepada monitoring guru-guru di dalam sekolah mereka," kata Nadiem.

Sumber : kompas.com

Demikian berita terkini yang dapat merdekabelajar.my.id bagikan, semoga bermanfaat.