Kejar PISA, Nadiem Bakal Sederhanakan Kurikulum

Kejar PISA, Nadiem Bakal Sederhanakan Kurikulum

Jumat, 03 April 2020

Dua Bulan Jabat Mendikbud, Nadiem Makarim Keluarkan 4 Kebijakan ...

Selamat datang di merdekabelajar.my.id_Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menilai silabus kurikulum sekolah saat ini terlalu rumit. Nadiem bakal menyederhanakan kurikulum agar bisa mengejar standar internasional Programme for International Student Assesment (PISA).

"Kurikulum harus lebih fleksibel dan sederhana. Orientasi kompetensi dan dibantu juga dengan platform online yang membantu segmentasi pembelajaran," kata Nadiem dalam konferensi video Sekretariat Kabinet, Jumat, 3 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad
Nadiem menjamin, kualitas pendidikan tidak akan menurun meskipun kurikulum disederhanakan. Bahkan, kata dia, kemampuan personal setiap siswa akan bermunculan lewat penyederhanaan kurikulum ini.

"Jadi semua murid tidak harus mengerjakan tugas yang sama, misalnya murid dengan kemampuan yang berbeda, mengerjakan project yang berbeda," lanjut Nadiem.

Nadiem menjanjikan, konsep pendidikan lebih menyenangkan. Siswa akan lebih mencintai apa yang akan dipelajarinya.

Nadiem mencontohkan pada pembelajaran literasi. Menurut dia, pengetahuan literasi tak hanya akan fokus pada buku, namun juga siaran-siaran daring.

Sumber : www.medcom.id

Demikian berita terkini seputar pendidikan yang dapat merdekabelajar.my.id bagikan, semoga bermanfaat.