PGRI Minta Pemerintah Beri Insentif Guru Honorer Swasta

PGRI Minta Pemerintah Beri Insentif Guru Honorer Swasta

Jumat, 24 April 2020

PGRI Berharap Tersangka Insiden Susur Sungai Dihukum Ringan ...

Merdekabelajar.my.id_Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) meminta pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan untuk guru honorer swasta. Di samping Pemerintah daerah yang tetap membayar insentif guru honorer di sekolah swasta.

Pada masa sulit pandemi covid-19 ini, PGRI berharap guru honorer negeri maupun swasta tak luput dari perhatian pemerintah. "Agar pemerintah juga mengalokasikan insentif guru honorer swasta," kata Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi dalam keterangannya, Kamis, 23 April 2020.

Selain itu Unifah meminta pemerintah daerah juga tetap membayarkan insentif guru honorer yang berada di sekolah negeri. Ia meyakini ada anggaran yang dapat digunakan untuk para guru honorer swasta tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum Perkumpulan Honorer Kategori 2 Indonesia (PHK2I), Titi Purwaningsih menyebut guru honorer merupakan masyarakat yang tergolong rentan miskin. Terlebih pada masa darurat covid-19 yang membuat perekonomian melemah.

"Kalau diperhatikan banyak yang terfokus membantu ojol. Sementara kami guru honorer juga sama sulitnya," kata Titi kepada Medcom.id, Jum'at 17 April 2020.

Titi menyebut, meski berseragam, saat ini guru honorer juga terkatung nasibnya dari hari ke hari. Terlebih, gaji dari Dana BOS yang mereka harapkan tak berjalan sesuai harapan.

"Sampai detik ini, dibayarkan dari BOS, satu bulan Rp 150 ribu perorang. Dan itu dibayarkan dalam tiga bulan sekali," lanjutnya.

Titi menyebut, tak adanya batasan minimal dana BOS untuk menggaji guru honorer merupakan awal permasalahan. Sebab, kepala sekolah tentunya hanya akan memberikan honor sesuai kemampuan sekolah.

Sumber : medcom.id

Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.