Psikolog UI: Orang Tua Harus Mampu Kelola Emosi Anak Selama Belajar di Rumah

Psikolog UI: Orang Tua Harus Mampu Kelola Emosi Anak Selama Belajar di Rumah

Minggu, 26 April 2020

Peran Keluarga Penting Terkait Belajar Mandiri Siswa di Rumah

Merdekabelajar.my.id_Psikolog Universitas Indonesia (UI) Rosana Dewi Yunita menyarankan orang tua pandai mengelola emosi anak selama masa belajar di rumah. Tugas yang menumpuk kerap membuat emosi siswa tak stabil.

"Apabila terlalu berat perlu adanya diskusi bagian mana atau tugas apa yang anak merasa berat atau kesulitan," kata Rosana kepada Medcom.id, Selasa, 14 April 2020.

Dia menyebut, dukungan dari orang tua akan sangat membantu anak yang tengah menghadapi stres berlebihan. Pendampingan menjadi hal yang krusial, meskipun di saat yang sama orang tua juga membutuhkan dukungan.

Psikolog Layanan Pemeriksaan dan Konsultasi Psikologi Belajar Schema ini menyarankan orang tua juga berkomunikasi dengan guru di sekolah. Komunikasi guna menyamakan persepsi dalam memberikan tugas.

Langkah selanjutnya adalah membantu anak belajar manajemen waktu. Pada masa ini perlu diingat, anak juga mesti diberi keleluasaan untuk mengembangkan hobi mereka.

"Misalnya mengembangkan minat atau hobi, berolahraga, bercengkerama santai dengan anggota keluarga yang lain," lanjut dia.

Menurutnya jika hal itu tidak terpenuhi, berbagai gejala psikis akan menerpa anak. Mulai dari kecemasan, rewel, emosi, hingga menjadi kurang semangat dalam melakukan berbagai aktivitas.

Rosana berharap, guru juga rasional dalam memberikan tugas pada siswa selama masa darurat covid-19 ini. Siswa harus didukung, baik dalam pendidikan maupun kesehatan psikisnya.

"Ketika sekolah memberikan beban tugas, perlu dilihat rasionalitasnya apakah waktu pengumpulan, sumber data, kondisi anak dapat mendukung penyelesaikan tugas tersebut," ungkap dia.

Sumber : medcom.id

Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.