Terima Laporan Banyak Anak Stres Belajar di Rumah, Kak Seto: Mereka Rindu Guru dan Sekolah

Terima Laporan Banyak Anak Stres Belajar di Rumah, Kak Seto: Mereka Rindu Guru dan Sekolah

Sabtu, 25 April 2020

Kak Seto: Banyak Anak Stres Belajar Di Rumah, Mereka Rindu Cara Guru Mengajar

Merdekabelajar.my.id_Dampak belajar di rumah selama Pandemi COVID-19, memunculkan masalah baru pada kondisi anak.

Kegiatan belajar mengajar secara langsung di sekolah terpaksa ditiadakan. Dan pemerintah memilih metode belajar dari rumah untuk seluruh pelajar.

Sekitar sebulan lamanya, siswa/siswi ini belajar di rumah. Hal ini membuat anak mulai menjadi stres dan tertekan lantaran harus belajar bersama orang tuanya.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) yang juga Psikolog Anak, Seto Mulyadi mengakui, banyak laporan yang diterimanya, terkait banyak anak-anak mengalami stres hingga tertekan ditemani atau diajari materi pembelajaran oleh orangtuanya.

“Ada beberapa laporan yang diterima LPAI. Banyak anak-anak yang mengalami stres dan tertekan," ujar Kak Seto sapaannya dalam jumpa pers di Graha BNPB yang disiarkan secara streaming pada Sabtu, 25 April 2020.

Hal yang membuat anak-anak stres adalah tidak bisa belajar seperti di sekolah. Sebabnya, orang tua masih terus beradaptasi diri dengan anak-anaknya.

"Satu di antaranya, kadang-kadang dalam cara orang tua menghadapi putra putra-putri tercinta, para orang tua sekarang harus menjadi guru tiba-tiba di dalam rumah,” jelasnya.

Dan faktor belajar di rumah yang membuat stres anak, karena orangtua siswa memaksakan sang buah hati harus apa yang disampaikannya.

“Saat menjelaskan materi kadang-kadang memaksakan hal ini harus dicapai oleh putra-putri sendiri, sehingga yang muncul adalah anak-anak tertekan,” jelas kak Seto.

Kak Seto sangat berharap orang tua bisa lebih persuasif dalam mendampingi dan mengajarkan anak-anaknya.

"Beberapa sudah rindu ke sekolah lagi. Bisa bertemu ibu guru atau bapak guru. Belajar di sekolah dinilai bisa lebih nyaman, lebih tenang, lebih kreatif dan sebagainya," ungkap Kak Seto.***

Sumber : pikiran-rakyat.com

Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.