Bunda, Kemendikbud Pastikan Tahun Ajaran Baru 2020/2021 Dimulai Pekan Ketiga Juli 2020

Bunda, Kemendikbud Pastikan Tahun Ajaran Baru 2020/2021 Dimulai Pekan Ketiga Juli 2020

Kamis, 11 Juni 2020

Kemendikbud Terus Lakukan Evaluasi Pendidikan Jarak Jauh

Merdekabelajar.my.id_Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada pekan ketiga di bulan Juli 2020. Bagaimana rencana pembukaan sekolah di Jawa Barat?

Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Efi Mulyani menegaskan pada pelajar tidak perlu datang ke sekolah terlebih dahulu. Sistem daring atau luring lah yang akan digunakan.

Meski sudah ditetapkan jika tahun ajaran baru, namun sekolah tak lantas dilakukan secara tatap muka. Banyak alternatif yang bisa dilakukan mulai dari melalui internet hingga siaran TV dan radio.

"Tahun ajaran baru dimulai pada Senin ketiga Juli yang akan datang. Seperti tahun sebelumnya di Senin ketiga Juli, berakhir pekan ketiga Juni 2021. Juga tersedia modul dipelajari mandiri memerlukan kerjasama yang baik antara guru dan orangtua," katanya." katanya saat video conference di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Kendati demikian, gugus tugas pemerintah dan masing-masing kepala daerah diberikan kewenangan kapan sekolah akan dibuka. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan sekolah di seluruh Jabar nantinya akan dibuka paling akhir dalam proses 'new normal'.

Ridwan tak mau nantinya banyak anak yang terpapar Covid-19. Sehingga disiplin haruslah tetap diterapkan.

"Kita menyiapkan pendidikan di akhir, ini setelah belajar dari negara-negara mendahulukan pendidikan. Di Jabar yang kena Covid-19 adalah laki-laki lebih banyak dibanding perempuan. Perempuan lebih sabar, lelaki dewasa tidak."

Lalu bagaimana anak-anak?

"Hampir tidak ada di Jabar yang kena Covid-19 anak sekolah berarti anak sekolah adalah segmen yang paling disiplin," ujarnya.

Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat !