Masa Kenaikan Kelas, Ini Pesan untuk Siswa, Orangtua Murid, dan Guru

Masa Kenaikan Kelas, Ini Pesan untuk Siswa, Orangtua Murid, dan Guru

Selasa, 23 Juni 2020

Surat Siswa Untuk Mendikbud, Cerita Keseharian Hingga Ungkapan ...

Merdekabelajar.my.id_Pekan ini hampir seluruh siswa siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK di seluruh Indonesia telah menerima raport kenaikan kelas.

Meskipun masa pandemik covid proses pendidikan tetap harus berjalan. Belajar dari rumah, ujian dari rumah secara online.

Apresiasi kepada seluruh guru, siswa dan orang tua yang telah bekerja sama dengan baik menjalankan pendidikan dari rumah.

Orang tua menjadi guru di rumah. Juga jadi pengawas saat ujian.

Dengan fakta integritas menjaga kejujuran secara umum ujian penilaian akhir semester online dapat berjalan dengan lancar.

Hasil ujian memang penting tapi lebih penting lagi proses ujian yang melatih kejujuran. Knowledge is power but character is more.

Juga apresiasi kepada guru dan para pimpinan sekolah yang telah menjalankan proses belajar mengajar secara tatap maya.

Lalu dilanjutkan dengan penilaian akhir semester, pengolahan nilai hasil ujian, rapat kenaikan kelas sampai akhirnya pembagian raport baik secara virtual maupun tatap muka dengan protokol covid.

Selamat kepada seluruh siswa siswi yang telah dinyatakan naik kelas. Mari syukuri hasil yang telah dicapai.

Sambil bertekad untuk belajar lebih giat di kelas selanjutnya.

Keterbatasan harus memicu dan memacu kreativitas untuk belajar kapan saja dan di mana saja.

Untuk menghadapi tahun ajaran baru sekolah harus melakukan persiapan pada semua aspek.

Sekolah harus siapkan kurikulum yang dimodifikasi, teknologi pembelajaran yang supportif, guru yang kompeten dengan teknologi dan pedagogik masa covid, manajemen sekolah yang efektif dan efisien serta siap melayani siswa dengan baik.

Guru hendaknya dilatih secara khusus tentang pemanfaatan teknologi online untuk pembelajaran.

Juga cara kreatif merancang aktifitas belajar yang bermakna dan menyenangkan serta pemahaman kondisi psikologis anak yang belajar dari rumah.

Sekolah perlu juga membuat pedoman mengajar di rumah untuk orang tua disertai pembekalan khusus tentang psikologi kerja sama dengan para psikolog andal agar dapat bermitra dengan guru menjadi pendidik yang membahagiakan anak.

Harapannya orang tua juga bahagia dan menikmati perannya sebagai guru di rumah.

Jika seluruh aspek di atas dapat disiapkan dengan baik insya Allah pada 13 Juli nanti saat tahun ajaran baru semua siap lahir dan batin untuk mulai belajar dari rumah.

Siswa, orang tua, guru dan pimpinan sekolah dapat bekerja sama dan sinergi menjalankan roda pendidikan dengan baik meskipun masih dalam masa pandemik Corona.

Bagi alumni TK, SD dan SMP yang telah lulus dan belum memilih sekolah pada tingkat selanjutnya, bisa segera memilih sekolah negeri atau swasta.

Pilihlah sekolah yang siap menjadi mitra orang tua mendidik putra putri tersayang menjadi generasi yang anggun, unggul dan cerdas yang seimbang iman, ilmu dan amal serta siap menghadapi tantangan zaman.

Anak-anak kita harus siap menjadi anak segala zaman yang mandiri dan tangguh.

Didasari iman dan takwa, ilmu pengetahuan dan teknologi serta akhlak mulia mereka siap mengarungi kehidupan dan menjadi manusia terbaik yang bermanfaat untuk orang lain. (*)

Sumber : tribunnews