New Normal di Sekolah, Kegiatan Belajar Hanya 3,5 Jam Tanpa Istirahat, Satu Meja Satu Siswa

New Normal di Sekolah, Kegiatan Belajar Hanya 3,5 Jam Tanpa Istirahat, Satu Meja Satu Siswa

Sabtu, 13 Juni 2020

Pemda DIY Kaji Wacana Kegiatan Belajar di Sekolah Hanya 3,5 Jam selama New Normal

Merdekabelajar.my.id_Pemerintah DIY sedang melakukan kajian terkait kehidupan dengan tatanan baru atau new normal. DIY sendiri mewacanakan new normal di wilayahnya baru akan diterapkan pada Juli mendatang.

Menjelang new normal, Pemda DIY pun tengah menggodok sejumlah standar operasional pelaksanaan (SOP). Salah satunya SOP di bidang pendidikan atau sekolah bagi pelajar di DIY.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyebut jika DIY mewacanakan bahwa jika kondisi pandemi virus Corona melandai dan new normal ditetapkan maka sistem pembelajaran di DIY akan menggunakan sistem shift. Aji menuturkan bahwa nanti jam kegiatan di sekolah bagi siswa akan dibatasi menjadi 3,5 jam.

"Alternatif sekolah dibuat shift. Tentu ada perubahan kurikulum KTSP-nya disampaikan yang disimulasikan sekolah satu shift itu 3,5 jam saja tanpa istirahat," ujar Aji, Kamis (4/6).

Aji menyebut wacana shift dalam kegiatan belajar mengajar ini agar sekolah bisa menjaga jarak aman bagi siswa. Nantinya satu meja di kelas hanya akan diisi satu siswa sehingga physical distancing bisa diterapkan dengan baik.

"Anak masuk 3,5 jam. Pulang nanti ada waktu jeda 1-2 jam lalu diganti sesi berikutnya 3,5 jam lagi. Itu pemikiran bagus supaya satu bangku untuk satu anak," papar Aji.

Aji menjabarkan nantinya pihak sekolah diwajibkan untuk menyediakab fasilitas cuci tangan. Selain itu selama kegiatan belajar mengajar baik siswa maupun guru memakai masker.

Aji menambahkan bisa pula bagi siswa dan guru menggunakan face shield dan baju lengan panjang saat berkegiatan di sekolah. Kemudian sekolah diminta menyiapkan materi pembelajar online untuk tambahan pelajaran. [ray]