Sekolah Zona Hijau Dibuka, Pemerintah Kaji Aturan Guru Pakai APD Saat Mengajar, Kenakan Masker Tetap Wajib

Sekolah Zona Hijau Dibuka, Pemerintah Kaji Aturan Guru Pakai APD Saat Mengajar, Kenakan Masker Tetap Wajib

Senin, 22 Juni 2020

Kepala BNPB Doni Monardo

Merdekabelajar.my.id_Pemerintah berencana membuka kembali sekolah menengah atas di zona hijau pada Juli mendatang. Meski demikian, pemerintah tengah mengkaji lebih dalam aturan penggunaan alat pelindung diri atau APD bagi guru dan tenaga pengajar lainnya. 

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut penggunaan APD bagi guru belum dibahas lebih lanjut.  

Namun menurutnya, yang perlu diwajibkan adalah penggunaan masker untuk mencegah potensi penularan corona antara guru dan siswa dari percikan droplet. 

"APD bagi para guru belum dibahas kelanjutannya, apa perlu guru pakai APD selama pelajaran, untuk masker saja saya pikir harus didukung agar saat guru memberikan penjelasan droplet tidak keluar," ujar Doni Monardo dalam rapat dengan Komisi X DPR RI secara virtual, Rabu (17/6). 

Selain masker, Doni menyebut fasilitas wastafel di sekolah juga perlu disediakan agar para siswa dan guru disiplin mencuci tangan. 

"Kemudian Mendikbud sudah beri gambaran ada sekolah diberikan tempat cuci tangan dan masker bagi yang (terlibat kegiatan) tatap muka," ucap Doni. 

Doni pun menyambut baik protokol kesehatan pencegahan virus corona yang telah disusun Kemendikbud. Menurutnya, langkah ini adalah bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga kesehatan generasi penerus bangsa. 

"Jadi langkah-langkah yang telah dikeluarkan oleh kemendikbud adalah sebuah langkah yang sangat tepat, yang juga sesuai dengan perintah Presiden. Pendidikan harus hati-hati," pungkas Doni.

Sumber : kumparan