Cara Akses Google Classroom Secara Offline: Tips untuk Siswa dan Guru Tetap Belajar Tanpa Terganggu Masalah Internet

Cara Akses Google Classroom Secara Offline: Tips untuk Siswa dan Guru Tetap Belajar Tanpa Terganggu Masalah Internet

Sabtu, 25 Juli 2020

Tips Teknologi: 7 Langkah Memulai Google Classroom - Tekno Tempo.co

Merdekabelajar.my.id_Pandemi virus corona (Covid-19) membuat sekolah-sekolah di Indonesia hingga pertengahan 2020 belum bisa menggelar aktivitas belajar-mengajar secara tatap muka di kelas. 

Masih tingginya risiko penularan virus corona di tanah air menyebabkan aktivitas pembelajaran di sekolah tetap harus berlangsung secara jarak jauh, atau daring. 

Untuk mendukung kelancaran Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), para murid dan guru disarankan agar memakai platform belajar online yang bisa menggantikan fungsi kelas. Saat ini, para pengajar dan murid bisa memanfaatkan sejumlah jenis platform pembelajaran online dengan gratis. 

Salah satu platform pembelajaran online yang saat ini populer digunakan untuk aktivitas sekolah jarak jauh adalah Google Classroom. 

Platform ini memungkinkan kegiatan belajar-mengajar lebih produktif, dengan menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi, dan membina komunikasi guru dan murid. Dengan menggunakan Google Classroom, para guru dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat, hingga memberikan nilai secara real-time. 

Sementara para pelajar juga dapat mengumpulkan tugas tanpa kertas di Google Classroom yang terikat bersama Drive, Calender, Form, Jamboard, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, termasuk Gmail. 

Sekolah dan lembaga nonprofit bisa mengakses Google Classroom, sebagai layanan inti G Suite for Education dan G Suite for Nonprofits, secara gratis. Setiap orang yang mempunyai akun Google pribadi juga dapat menggunakan Classroom tanpa biaya. 

Jika pengguna mengakses Google Classroom berbasis website maka tak perlu menginstall. Google Classroom dapat diakses di komputer dengan memakai browser apa pun, seperti Chrome, Firefox, Internet Explorer, hingga Safari. 

Google Classroom tidak hanya tersedia di situs web. Para pengajar dan murid juga dapat memakai layanan Google Classroom versi aplikasi seluler, baik di gadget berbasis android maupun iOS. Oleh karena itu, Google Classroom bisa digunakan di smartphone android, tablet, iPhone dan iPad. Para pemilik perangkat seluler berbasis Chrome OS pun bisa mengkakses aplikasi ini. 

Akan tetapi, aktivitas pembelajaran online tidak selalu lancar di seluruh wilayah Indonesia. Sebab, belum semua daerah di tanah air memiliki jaringan internet yang stabil. Di sisi lain, tidak semua murid dan guru mempunyai dana yang memadai untuk membeli paket data internet yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Situasi seperti itu bisa disiasati dengan memanfaatkan sejumlah fitur Google Classroom yang bisa diakses secara offline (luar jaringan/luring). Dengan demikian, semua guru dan murid tetap dapat menjalani pembelajaran jarak jauh tanpa terganggu oleh masalah internet. 

Cara Mengakses Google Classroom Offline 

Cara mengakses Google Classroom offline ini tak berarti bisa 100 persen tanpa internet, demikian dilansir Antara. Pengguna Google Classroom tetap butuh koneksi internet, tetapi hanya saat akses awal sehingga perangkat tidak harus selalu terkoneksi. 

Berikut cara menggunakan Google Classroom offline yang dapat dilakukan oleh guru dan murid. 

Tips Bagi Guru 

1. Tim Administrator dan guru harus memiliki akun G Suite dan menyetelnya agar bisa diakses secara luar jaringan (offline). 

2. Langkah pertama yakni dengan membuka akun administrator G Suite, kemudian Feature and Application. 

3. Lalu, pilih “allow users to enable offline access” di bagian tersebut. 

4. Pengguna akun G Suite harus mengunduh ekstensi Google Docs Offline untuk peramban Google Chrome agar bisa membuka Google Doct, Sheets, Drive dan Slides secara offline. 

5. Terakhir, guru bisa meminta semua murid untuk mengaktifkan fitur offline sebelum mengakses Google Classroom. 

Tips Bagi Murid 

1. Ketika hendak menggunakan Google Classroom, murid harus tersambung dengan internet saat awal membuka platform ini. 

2. Setelah mengaktifkan fitur offline, murid dapat mengunduh materi yang diberikan guru lewat Google Classroom. 

3. Meskipun internet mati, murid tetap bisa membuka materi yang diunduh tadi. Murid juga dapat mengerjakan tugas secara offline, seperti dengan Google Docs. Saat tersambung ke internet, maka Google Docs secara otomatis akan tersimpan 

4. Dengan cara ini, murid dapat menghemat pemakaian internet karena hanya terkoneksi pada saat mengunduh materi dan saat mengumpulkan tugas.