Kabar Terbaru Gaji ke-13 dari Sri Mulyani di Tengah Penantian PNS

Kabar Terbaru Gaji ke-13 dari Sri Mulyani di Tengah Penantian PNS

Kamis, 16 Juli 2020

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan Keterangan Pers Mengenai Burden Sharing Antara Pemerintah dan Bank Indonesia(Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Merdekabelajar.my.id_Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara mengenai pencairan gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Adapun pencairan gaji ke-13 masih belum dipastikan.

Padahal, tahun-tahun sebelumnya pencairan gaji ke-13 selalu dilakukan pada bulan Juli atau saat memasuki tahun ajaran baru. Untuk tahun ini tahun ajaran baru dimulai sejak 13 Juli 2020 kemarin.

"Sabar. Nanti saja ya," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Rabu (15/7/2020).

Sementara itu, Direktur Jenderal Anggaran Askolani menjelaskan, hingga saat ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum melakukan pembahasan gaji ke-13. Sebab, saat ini pemerintah masih fokus dalam penanganan dampak pandemi Covid-19.

"Nanti dulu. Kita fokus tangani Covid-19 dulu," jelas Askolani.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus melakukan penghematan anggaran untuk membantu masyarakat yang terdampak. Salah satunya yang dilakukan pemerintah adalah merealokasi anggaran semua Kementerian/Lembaga (K/L).

Dengan penghematan ini, maka penghasilan PNS pun terdampak. Mulai dari tidak ada kenaikan gaji, uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak full hingga tidak adanya uang perjalanan dinas.

Adapun yang terbaru, Sri Mulyani menjelaskan PNS tidak mendapatkan uang lembur saat penerapan kerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Sedangkan, gaji ke-13 juga belum jelas. Apakah akan tetap diberikan tahun ini atau tidak untuk menghemat anggaran.

So, untuk seluruh PNS harap bersabar ya.

Sumber : cnbcindonesia