Khusus untuk Guru, Trik Mempermudah Pembelajaran saat Pandemi Corona Ala Kemendikbud

Khusus untuk Guru, Trik Mempermudah Pembelajaran saat Pandemi Corona Ala Kemendikbud

Kamis, 02 Juli 2020

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 Dimulai 13 Juli - Fajar Indonesia Network

Merdekabelajar.my.id_Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), eesmi meluncurkan Seri Webinar Guru Belajar: “Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi” pada Senin (29/6)

Peresmian program ini diluncurkan langsung Dirjen GTK Dr. Iwan Syahril, dan disaksikan lebih dari ribuan peserta dari kalangan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, orang tua dan para insan pendidikan melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung di kanal youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI.

Seri Webinar Guru Belajar ini, diselenggarakan dengan harapan agar dapat menghidupkan ruang diskusi dan mewarnai ruang belajar para guru melalui penyesuaian system pendidikan dimasa pandemic Covid-19. Sekaligus menghimpun seluruh energi positif dalam merespons tantangan-tantangan saat ini.

“Sehingga kita semua merasa berdaya kemudian kita mau memberdayakan yang lainnya,” ujar Iwan.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani mengatakan, kegiatan Seri Webinar ini merupakan upaya menyambut tahun ajaran baru di tengah pandemi Covid-19. Karena semua elemen harus bersiap untuk menyiapkan seluruh kondisi sebaik mungkin sehingga kita siap mendampingi seluruh peserta didik kita menyambut tahun ajaran baru yang akan datang.

“Seri Webinar Guru Belajar ini diluncurkan agar dapat menjawab tantangan di masa pandemi, dan dalam menghadapi situasi seperti ini kita juga harus memperkuat semangat gotong royong. Semangat ini merupakan filosofi yang telah diajarkan para leluhur bangsa ini yakni saling membantu dalam upaya menyelesaikan masalah yang kita hadapi,” ujar Nunuk.

Dalam sesi peluncuran Seri Webinar Guru Belajar ini, Iwan juga menjelaskan, mengenai konteks pembelajaran, kemendikbud juga telah memiliki halaman khusus, Bersama Menghadapi Korona, di web resmi kemendikbud, yakni: bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id untuk membantu guru dan murid mendapatkan informasi tentang aplikasi pembelajaran gratis.

Pada halaman ini, berbagai macam informasi termasuk aplikasi pembelajaran gratis yang bisa dimanfaatkan selama pandemi Korona. Selain itu, kemendikbud juga telah berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi berupa data aplikasi pembelajaran daring yang menyediakan paket-paket data untuk pembelajaran jarak jauh dengan laman guru berbagi (https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/) yang merupakan gerakan dengan model crowdsourcing, dimana guru-guru dapat berbagi RPP, materi pembelajaran yang digunakan selama masa pandemi Covid untuk semua jenjang, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, maupun SLB.

Diketahui, berdasarkan data per 27 Juni 2020, sudah 736.000 lebih pengunjung, hampir 600.000 yang mengunduh, lebih dari 10.000 RPP, hampir 3.000 artikel dan komunitas bergerak bersama, dan sudah ada 152 aksi kolaborasi dengan berbagai macam yang dilakukan, terutama pelatihan bagaimana menghadapi banyak hal atau tips and trick.

Sudah lebih dari 100.000 yang terlibat dalam pelatihan-pelatihan yang terdapat dalam laman guru berbagi ini. Laman guru berbagi ini, akan menjadi sumber inspirasi bagi para guru yang kesulitan mendapatkan ide-ide baru dalam menghadapi proses pengembangan pembelajaran selama pandemi Corona ini.

Platform ini, dinilai sangat bermanfaat dan berguna bagi guru-guru diseluruh pelosok di Indonesia. Termasuk pembelajaran yang sifatnya non daring. Karena terdapat RPP online, campuran (blended) dan tatap muka (luring) yang menerangkan ide-ide tanpa internet.

Iwan juga menegaskan, pada abad 21 ini dibutuhkan sikap mental untuk sebuah ekosistem inovasi yang nyaman diketidak-nyamanan. Karena pada masa Covid-19 ini, semuanya dipaksa melakukan segela sesuatunya dari rumah.

“Namun, kita harus terus melatih otot-otot mental kita untuk nyaman di ketidak-nyamanan ini, dan ini akan menjadi modal yang akan sangat baik untuk melakukan inovasi-inovasi,” ujarnya.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini, diisi oleh para pejabat dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu : Dr. Iwan Syahril, Ph.D, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Prof. Dr. Nunuk Suryani selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Dr. Praptono, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Menengah dan Pendidikan Khusu, Dr. Abdoellah, Plt. Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini, Dr. Rachmadi Widdiharto,

Seri Webinar Guru belajar ini akan diselenggarakan secara berkelanjutan selama satu bulan kedepan dengan mengahadirkan tema-tema dan narasumber dari kalangan guru, akademis, praktisi, unsur pemerintah daerah, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Dirjen GTK JelaSkan Laman Khusus Guna mempermudah Pembelajaran saat pandemi Covid-19:

>> https://www.youtube.com/channel/UC5LQc5wv5ohXvdQ3faJeVHw (Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar)

>> https://www.youtube.com/channel/UC8KuVVAcSP_yDiJ-JtuWwdw (Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan)

>> https://www.youtube.com/channel/UCCgdyqlHrPPed1iKIGzuPdw/?guided_help_flow=5 (Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus)

>> https://www.youtube.com/channel/UCFvdawTlZ0No_vyTXPKkE5Q (Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini)