Jangan Sampai Ketinggalan, Cek Batas Waktu Akhir Pengumpulan Nomor HP Siswa untuk Pulsa Gratis

Jangan Sampai Ketinggalan, Cek Batas Waktu Akhir Pengumpulan Nomor HP Siswa untuk Pulsa Gratis

Senin, 31 Agustus 2020

Nadiem Makarim Bicara Risiko Menyeramkan Pembelajaran Jarak Jauh

Merdekabelajar.my.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah menjanjikan kepada siswa sekolah, guru, dan tenaga kependidikan berupa kuota internet gratis.

Pemerintah melalui Menteri Keuangan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp7,2 Triliun untuk subsidi kuota internet, dana tersebut dialokasikan untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Untuk merealisakian dana sebesar itu agar tepat sasaran, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen Dikdasmen) menyerukan kepada kepala satuan pendidikan untuk melakuakn pemutakhiran data kontak siswa, guru, dan tenaga kependidikan.

Hal ini terungkap oleh tim mantrasukabumi.com yang menkonfirmasi kepala satuan pendidikan yang menerima Surat Edaran dari Dirjen Dikdasmen untuk melakukan pemutakhiran data kontak melalui aplikasi Dapodik.

Dirjen Dikdasmen, Jumeri dalam Surat Edarannya memerintahkan kepada kepala satuan pendidikan untuk menyetorkan nomor handphone peserta didiknya.

“Menugaskan kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan agar melengkapi Nomor Handphone untuk peserta didik yang aktif melalui aplikasi Dapodik.” Seperti tertera dalam Surat Edaran tertanggal 27 Agustus 2020.

Surat Edaran yang bernomor 8202/C/PD/2020 tanggal 27 Agustus 2020, ditandatangani oleh Jumeri, dengan memberikan tenggat kepada pihak kepala satuan pendidikan hingga 31 Agustus 2020.

Namun Dirjen Jumeri mengeluarkan Surat Edaran Susualan bernomor 8310/C/PD/2020, dengan tanggal 28 Agustus/2020, yang menganulir masa tenggat hingga 31 Agustus 2020.

“Tenggat waktu penginputan nomor handphone peserta didik ke dalam Aplikasi Dapodik diperpanjang sampai dengan 11 September 2020,” demikian kutipan penting dalam surat edaran susulan tersebut.

Siswa yang terdaftar nantinya akan mendapatkan kuota gratis sebesar 35GB per bulan, mahasiswa dan dosen mendapatkan 50GB, dan guru mendapatkan 42GB.

Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) diberlakukan selama pendemik Covid-19 dan bantuan kuota internet akan diberikan mulai bulan September hingga Desember 2020.**