Kabar Gembira Buat PNS, Presiden Jokowi Tetapkan 21 Agustus Sebagai Cuti Bersama

Kabar Gembira Buat PNS, Presiden Jokowi Tetapkan 21 Agustus Sebagai Cuti Bersama

Selasa, 18 Agustus 2020

Birokrasi Belum Ramping, Tunjangan Kinerja PNS Terancam Ditunda

Merdekabelajar.my.id - Presiden Joko WIdodo (Jokowi) menetapkan 21 Agustus sebagai cuti bersama, tepat satu hari setelah hari libur nasional Tahun Baru Islam 1442 Hijriah yang jatuh pada 20 Agustus.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) 17/2020 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2020, seperti dikutip CNBC Indonesia, Rabu (19/8/2020).

"Tolong kabarkan untuk masyarakat luas bahwa Jumat tanggal 21 Agustus 2020 sebagai cuti bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara untuk Tahun Baru Islam 1442 Hijriah," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Keputusan menetapkan cuti bersama menimbang dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas hari kerja, serta memberi pedoman bagi instansi pemerintah dalam melaksanakan cuti bersama 2020.

"Cuti bersama sebagaimana dimaksud tidak mengurangi hak cuti tahunan pegawai aparatur sipil negara," tulis diktum kedua Keppres tersebut.

Sementara itu, ASN yang karena jabatannya tidak diberikan hak atas cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan.

Aturan ini diteken Jokowi pada 18 Agustus, dan berlaku pada tanggal yang sama.

Sumber : cnbcindonesia