PGRI Sarankan Guru Penerima Tunjangan Kinerja Tidak Diberi Kuota Gratis

PGRI Sarankan Guru Penerima Tunjangan Kinerja Tidak Diberi Kuota Gratis

Senin, 31 Agustus 2020

PGRI Mundur dari Program Organisasi Penggerak Kemendikbud - Nasional  Tempo.co

Merdekabelajar.my.id - Pemerintah akan memberikan subsidi kuota gratis untuk murid, guru, mahasiswa dan dosen. Untuk guru sendiri akan mendapatkan bantuan sebesar 40 GB selama empat bulan ke depan.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi pun menyampaikan kepada pemerintah untuk mengklasifikasikan siapa saja yang berhak dan tidak berhak dapat bantuan kuota gratis.

“Jadi dilihat dari keadaan sosial ekonomi, itu pemerintah punya kriteria. Sebenarnya yang harus dilakukan adalah bagaimana kita melihat klasifikasi guru, misalnya guru di daerah mana yang berhak dan tidak berhak,” ungkapnya, Senin (31/8).

Misalnya saja, yang mendapatkan tunjangan kinerja pemerintah daerah tidak dapat. Sedangkan, yang tidak mendapat tunjangan diperbolehkan, itu merupakan salah satu keadilan sosial.

“Yang dapat tunjangan kinerja pemerintah daerah mungkin digeser dulu, diberikan kepada yang tidak dapat mendapatkan tunjangan kinerja,” ungkapnya.

Maka dari itu, pemerintah pusat harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dinas pendidikan daerah serta kepala sekolah untuk mengawasi anggaran besar itu tidak tepat sasaran.

“Sekarang tinggal bagaimana proses, jangan sampai bocor kemana-mana. itu perlu data, juklak, juknis dan koordinasi. Langkah tercepat yang harus dilakukan adalah membuat juklak (petunjuk pelaksana) dan juknis (petunjuk teknis), disosialisasikan,” terang dia.

Sumber : jawapos