Menteri Nadiem Dipuji Mirip Mark Zuckerberg Pendiri Facebook, Kenapa Ya Bunda?

Menteri Nadiem Dipuji Mirip Mark Zuckerberg Pendiri Facebook, Kenapa Ya Bunda?

Senin, 14 September 2020

Mendikbud Nadiem Makarim Ingin Hapus UN, Kira-kira Apa Komentar Anies?

Merdekabelajar.my.id - Mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang banyak manfaatnya, Bunda. Seperti yang baru-baru ini dicontohkan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan istrinya, Franka Franklin.

Melalui Instagram pribadinya, Nadiem dan sang istri mencoba membacakan dongeng anak-anak. Dongeng yang dipilih adalah Timun Mas dan Raksasa.

"Kami selalu menyempatkan setiap harinya untuk membaca bersama anak-anak kami. Ayo ajak anak kita berimajinasi dan semakin semangat membaca melalui dongeng dan cerita Nusantara. #satuharisatubuku," tulis Nadiem Makarim, dilansir Instagram NadiemMakarim, Kamis (10/9/2020).

Melalui video berdurasi 9 menit tersebut, Nadiem dan Franka membacakan dongeng dengan sangat menarik. Mulai dari intonasi suara hingga ekspresi mereka coba mainkan.

Lebih lanjut, di akhir membacakan dongeng, Nadiem Makarim juga menjelaskan pesan moral dari dongeng tersebut, Bunda. Rupanya Nadiem ingin menyampaikan agar anak-anak harusnya menjadi pribadi yang berani.

"Nah pesan moral dari cerita ini adalah percayalah bahwa kita bisa menghadapi semua masalah yang ada, jangan menjadi anak yang penakut, jadilah anak yang berani dan berani menghadapi masalah. Serta berusaha dengan rajin sambil berdoa agar dapat tercapai keinginanmu," ujar Nadiem Makarim mengakhiri sesi dongengnya.

Unggahan Nadiem ini pun mendapat pujian dari warganet, Bunda. Mereka mengatakan bahwa kegiatan mendongeng yang Nadiem lakukan bisa dicontoh oleh orang tua di rumah.

"Keren Mas Menteri, Semoga contohnya dapat dipraktikkan setiap orang tua di Indonesia. Sehingga minat baca anak Indonesia pun tumbuh dengan baik. Aamiin," tulis akun mumspro***.

"Keren banget Paaakkk, Keliatan sekali sudah biasa membacakan buku2 nya untuk anak.." tambah akun @resti.rast***.

Nadiem Makarim

Bahkan, ada netizen yang memujinya mirip dengan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, lho Bunda. 

"Mantap pak tapi kalau dilihat-lihat mirip @zuck," tulis salah satu netizen. 

"Kirain Mark lagi baca dongeng," tulis netizen lainnya.

Bicara soal mendongeng, menurut psikolog klinis, Dra. Ratih Ibrahim, M.M. mendongeng adalah bentuk kegiatan yang inovatif, kreatif, dan rekreatif. Efeknya luar biasa karena menstimulasi aspek motorik, kognitif, sosialisasi, bahasa, dan kesehatan anak.

"Waktu kita mendongeng, buah hati ikut belajar membolak balik halaman buku dongeng, ikut menelusuri gambar, aspek motorik halusnya terstimulasi. Dan pada saat kita ajak buah hati untuk bergerak menirukan karakter di dongeng, aspek motorik kasarnya terstimulasi," kata Ratih.

Mendongeng juga menumbuhkan rasa ingin tahu si kecil, Bunda, yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, daya imajinasinya berkembang, dan minat bacanya tumbuh. Dengan demikian, aspek kognitifnya juga berkembang.

Aspek sosialisasi anak juga tumbuh. Kata Ratih, waktu orang tua mendongeng bersama anak, kecerdasan emosional anak ikut terstimulasi. Pemahaman tentang norma sosial, mana boleh, mana tidak boleh, mana baik mana buruk juga mulai terbentuk. Kemudian anak juga belajar untuk mengekspresikan perasaan dan empatinya.

"Bahasanya juga berkembang, karena meningkatkan keterampilan pemahaman kosa kata, dia akan belajar banyak kosa kata baru dan dia jadi lebih pintar berkomunikasi. Dan dengan dongeng buah hati juga belajar tentang kesehatan, belajar nilai-nilai baik, bagaimana perilaku baik, pola hidup sehat dari dongeng," ujar Ratih.