Bansos BLT Rp 500 Ribu Non PKH Akan Diberikan ke 9 Juta KK, Ini Syaratnya dan Begini Cara Cek Dapat atau Tidaknya

Bansos BLT Rp 500 Ribu Non PKH Akan Diberikan ke 9 Juta KK, Ini Syaratnya dan Begini Cara Cek Dapat atau Tidaknya

Minggu, 04 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sosisl (bansos) atau Bantual langsung tunai (BLT) Rp 500 ribu Per KK non PKH. Cara dan syarat untuk mendapatkan bantuan ini harus mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Bantuan sebesar Rp 500 ribu ini hanya diberikan sekali kepada 9 juta keluarga bukan anggota program keluarga harapan (Non PKH).

Pemerintah telah menganggarkan Rp 4,5 triliun untuk menyalurkan bantuan ini.
"Akan ada 9 juta keluarga yang menerima bantuan kali ini dan dengan jumlah stimulus atau bantuan tunai senilai Rp 500 ribu per KK dan diberikan sekali saja," kata Asep Sasa Purnama selaku Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial.

Bantuan sosial ini hanya di berikan per Kepala Keluarga dan hanya sekali, untuk pencairannya sendiri akan dimulai pada bulan September lalu.

"Saya harap penerima bantuan ini digunakan secara bijak dan memprioritaskan kebutuhan pokok,"kata Asep Sasa Purnama

Syarat wajib untuk mendapatkan bantuan bansos Rp 500 ribu per KK ini adalah memiliki Kartu keluarga Sejahtera (KKS) dan tidak sebagai penerima Program Keluarga Harapan atau PKH.

Namun ternyata untuk mendapat bantuan ini harus memenuhi 2 syarat, yakni memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk proses pencairannya pihak kemensos akan mentransfer langsung ke nomor rekening pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial.
Setelah bansos ditransfer penerima atau pemegang Kartu Keluarga sejahtera bisa langsung menarik tunai uang di mesin ATM, kantor cabang dan E-warung.

Berikut cara membuat KKS:

- Mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke pemerintah daerah terdekat seperti RT/RW setempat.

- Setelah mendaftar KPM, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

Pemerintah berharap untuk bantuan sosial ini bisa benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengutamakan kebutuhan pokok.

''Dengan penggunaan yang tepat dan baik bantuan ini akan dirasa sangat bermanfaat oleh masyarakat,"ujar Juliari Kementerian sosial.

Masyarakat yang tidak masuk dalam penerima PKH, bisa mengecek statusnya apakah mendapatkan bantuan Rp 500.000 dengan cara mengakses laman berikut cekbansos.siks.kemsos.go.id.***