Cara Daftar Asesmen Kompetensi Guru (AKG) 2020, Untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas

Cara Daftar Asesmen Kompetensi Guru (AKG) 2020, Untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas

Rabu, 07 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - Kementerian Agama terus melakukan pembenahan pendidikan yang dikelolanya. Salah satu program untuk menjaga mutu GTK dilingkungan Kemenag dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.

PKB GTK adalah tersedianya baseline pemetaan kompetensi Guru dan Tendik madrasah. Baseline data pemetaan kompetensi tersebut dapat dilakukan melalui Asesemen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah.

Sasaran kegiatan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah ini adalah semua guru, kepala dan pengawas madrasah pada semua jenjang; mulai jenjang MI, MTs, dan MA/MAK.

Dalam Keputusan Dirjen Pendis Nomo 4446 Tahun 2020 Sasaran asesmen GTK di Kemenag yaitu Guru MI 182.125, Guru MTs 120.547, Guru MA 54.873, Kepala Madrasah 82.270, Pengawas Madrasah 3.659.

Untuk dapat mengikuti asesmen GTK tersebut, para guru, kepala madrasah, dan pengawas harus siapkan kelengkapan syarat-syaratnya.

Adapun syaratnya yaitu (1) Guru PNS/Bukan PNS dan Bersertifikasi/Belum Bersertifikasi; (2) Kepala Madrasah PNS/Bukan PNS dan Bersertifikasi/Belum Bersertifikasi; (3) Pengawas Madrasah; (4) Sudah melakukan verval ijazah S1/D4; (5) Sertifikasi/Ijazah S1/D4 adalah mata pelajaran yang di ikutkan AKG.

Berikut langkah singkat untuk pengajuan AKG, AKK dan AKP :

1. Login sebagai PTK pada layanan https://simpatika.kemenag.go.id/

2. Pilih menu AKG lalu klik Daftar AKG 

3. Setelah itu pilih mata pelajaran AKG dan tempat AKG jika sudah sesuai klik SIMPAN

4. Data Ajuan sudah tersimpan, silahkan pantau terus laman ini pada akhir pendaftaran untuk mendapatkan informasi surat pengantar yang berisi jadwal, tanggal dan jam pelaksanaan AKG.

5. Apabila ingin membatalkan pendaftaran AKG silahkan dapat klik link pada kalimat "Jika ingin membatalkan pendaftaran, "klik disini".***