Cukup Bawa KTP, Kamu Bisa Cairkan Banpres UMKM Rp 2,4 Juta

Cukup Bawa KTP, Kamu Bisa Cairkan Banpres UMKM Rp 2,4 Juta

Jumat, 23 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - Untuk para pelaku UMKM beberapa hari ini berlomba untuk mencairkan Banpres Produktif UMKM Rp 2,4 juta di sejumlah bank.

Jika kamu sudah merasa mendaftar Banpres Produktif UMKM Rp 2,4 juta, namun belum dapat pemberitahuan, maka ada hal yang harus dilakukan. Adalah periksa lewat website yang disediakan Bank BRI.

Sedangkan mereka yang mendapatkan sms dari bank adalah seperti ini,

"Nsb Yth ., pemilik rek ..,

Anda terdaftar sbg penerima Banpres Produktif (BPUM),

hub BRI terdekat utk verifikasi & pencairan"

Perlu diketahui ketika datang ke Bank BRI, maka ada sejulmah berkas yang harus dibawa. Yaitu KTP.

Hal ini karena Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang ada pada eKTP itulah yang dapat memverifikasi apakah yang bersangkutan terdaftar sebagai penerima atau tidak.

Selanjutnya, dana bantuan akan dicairkan langsung ke rekening penerima BPUM diikuti dengan laporan penyaluran dana bantuan tersebut melalui melalui pesan singkat (SMS) lalu melakukan verifikasi ke bank penyalur untuk pencairan.

Dalam hal ini masyarakat penerima SMS dapat mendatangi Kantor BRI terdekat dengan membawa KTP serta bukti SMS tersebut untuk dicetak buku tabungannya, seperti yang sudah di jelaskan dalam SMS tersebut.

Tahap pertama realisasi Banpres Produktif untuk Usaha Mikro telah mencapai hampir 100 persen dengan total dana yang disalurkan Rp21,861 triliun atau setara dengan 99,41 persen hingga 6 Oktober 2020.

Penyaluran tahap berikutnya ditargetkan untuk 3 juta pelaku usaha mikro hingga akhir tahun 2020 sehingga program ini menjangkau 12 juta pelaku usaha mikro.

Bantuan hibah sebesar Rp2,4 juta diberikan kepada pelaku usaha mikro untuk menambah modal. Semoga usaha bertahan dan terus berjalan di tengah dampak pandemi saat ini.***