Cukup Lakukan Ini, Guru Honorer Bisa Langsung Dapat Subsidi Gaji 600 Ribu Per Bulan

Cukup Lakukan Ini, Guru Honorer Bisa Langsung Dapat Subsidi Gaji 600 Ribu Per Bulan

Selasa, 06 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - Dengan login ke Simpatika, guru honorer madrasah bisa mendapatkan bantuan sosial tunai senilai Rp 600 ribu per selama 4 bulan ke depan.

Program BLT subsidi gaji guru honorer madrasah merupakan hasil dari aspirasi masyarakat yang diterima pemerintah sebagai dampak pandemi COVID-19.

Kemnaker mengungkapkan setidaknya ada sisa 3,3 juta kuota penerima BLT subsidi gaji yang dananya dikembalikan ke kas negara untuk direlokasikan kembali.

Dalam laporan akhir realisasi program BLT subsidi gaji oleh Kemnaker, sisa dana ini direncanakan direlokasikan untuk guru honorer di lingkungan Kemenag dan Kemdikbud.

Dengan demikian, guru honorer madrasah akan mendapat bantuan yang diperkirakan jumlah dan sistem pencairannya sama seperti bantuan subsidi upah pekerja

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengungkapkan belum bisa memastikan anggaran dan kuota untuk jumlah penerima bantuan subsidi upah ini.

Hal ini dikarenakan anggarannya masih dalam proses pengalihan dai Kemnaker ke Kementerian Keuangan yang selanjutnya baru diberikan ke Kementerian Agama.

“Kami memang tengah mengupayakan agar guru madrasah bukan PNS atau honorer serta tenaga kependidikan madrasah dan perguruan tinggi keagamaan bisa mendapatkan bantuan subsidi gaji. Mereka juga sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19,” ucap Zainut di Jakarta (2/10), dilansir oleh Semarangku dari laman Kemenag.

Syarat penerima BLT ini yaitu guru dan tenaga kependidikan madrasah bukan PNS (honorer) yang tercatat aktif mengajar di Simpatika (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependudukan Kemenag) pada Semester I tahun pelajaran 2020/2021.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengungkapkan bahwa pihaknya sedang dalam proses validasi data guru dan tenaga kependidikan honorer.

“Kami tengah validasi data guru dan tenaga kependidikan bukan PNS (honorer) yang ada di Simpatika,” ucap Muhammad Ali Ramdhani (23/9).

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain mengungkapkan bahwa proses validasi data utamanya memastikan nomor rekening penerima dalam keadaan aktif.

Zain juga mengungkapkan bahwa berdasarkan data real time Simpatika, jumlah guru madrasah honorer ada 617.467 orang.

Sebanyak 455.216 guru sudah mencatatkan nomor rekeningnya sedangkan 162.251 guru lainnya belum mencatatkan nomor rekening.

Sehingga, cara mendaftar BLT ini yaitu dengan masuk ke Simpatika (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependudukan Kemenag) lalu mencatatkan nomor rekeningnya pada Simpatika.

Lebih lanjut, Kemenag mengungkapkan bahwa pihaknya sudah bersurat dengan seluruh satuan kerja terkait untuk memastikan nomor rekening yang tercatat di Simpatika statusnya masih aktif.***

Sumber : pikiran-rakyat.com