Dapat SMS BRI yang Berisi Mendapakan BLT UMKM BPUM Rp2,4 juta, Ikuti Langkah Ini Agar Uang Langsung Cair

Dapat SMS BRI yang Berisi Mendapakan BLT UMKM BPUM Rp2,4 juta, Ikuti Langkah Ini Agar Uang Langsung Cair

Senin, 26 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - Pendaftaran BLT Banpres atau BLT UMKM tahap 2 Rp2,4 juta resmi dibuka sejak 13 Oktober sampai 25 Oktober 2020 bagi pelaku usaha mikro di Indonesia. Cara cek dapat dana BLT UMKM BPUM Rp2,4 juta, bisa melalui e-Form BRI.

Pada tahap awal, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) telah menyalurkan BLT UMKM BPUM Rp2,4 juta kepada sebanyak 9 juta penerima.

Sementara untuk tahap 2, Kementerian UMKM menyediakan kuota sebanyak 3 juta penerima BLT UMKM BPUM Rp2,4 juta. Sehingga target keseluruhan 12 juta pelaku usaha UMKM.

Untuk masyarakat pelaku UMKM yang telah mendaftar, nantinya akan mendapat pesan SMS notifikasi dari Bank penyalur seperti BRI.

Mulai 13 Oktober hingga akhir November mendatang, dana BLT Banpres atau BPUM tahap 2 senilai Rp2,4 juta telah memasuki proses penyaluran kepada pelaku UMKM.

Sebelumnya, Kemenkop UKM menargetkan total keseluruhan 12 juta pelaku usaha mikro yang menjadi penerima bantuan BLT Banpres ini yang terbagi dalam 2 tahap.

Tahap pertama, BLT Banpres BPUM telah disalurkan kepada 9 juta penerima yang merupakan pelaku UMKM. Sisanya, akan diberikan kepada tahap kedua yang berarti ada sekitar 3 juta kuota

Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) tersebut ditujukkan kepada pelaku usaha mikro menghadapi krisis ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Untuk masyarakat pelaku UMKM yang telah mendaftar, nantinya akan mendapat pesan SMS notifikasi dari Bank penyalur seperti BRI.

Pesan tersebut berisikan telah mendapatkan bantuan BLT Banpres BPUM.

“Nsbh Yth. Anda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM). Untuk verifikasi dan pencairan silakan menghubungi kantor BRI terdekat dengan membawa eKTP,” tulis BRI-INFO.

Apabila mendapatkan SMS notifikasi seperti itu, dimohon untuk pelaku usaha mikro untuk segera mengecek nama penerima guna memastikan bantuan cair atau tidak.

Dilansir dari Instagram resmi @kemenkopukm, cara mengecek pencairan BLT UMKM secara online.

Tanpa harus datang ke Bank BRI, kini masyarakat usaha mikro sudah bisa mengakses langsung di situs BRI https://eform.bri.co.id/bpum.

Berikut cara untuk mengakses cek penerimaan BLT UMKM secara online via BRI :

1. Buka halaman https://eform.bri.co.id/bpum

2. Setelah itu isi nomor KTP yang sudah terdaftar

3. Lalu isi kode verifikasi yang sudah dicantumkan

4. Ketika sudah diisi, klik Proses Inquiry

5. Jika sudah masuk, Anda akan menerima pemberitahuan apakah sudah mendapatkan bantuan atau tidak.

6. Ketika Anda diberitahukan sudah mendapatkan BLT maka segera datangi Bank BRI terdekat untuk mencairkan uang BLT.

Perlu diketahui, syarat dan kriteria pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta tahap 2 di antaranya:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. NIK dan KTP

3. Memiliki Usaha Mikro

4. Bukan PNS, TNI/Polri, Pegawai BUMN dan BUMD

5. Tidak sedang menerima kredit di bank atau pembiayaan dari perbankan dan KUR

6. Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda.

7. Tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable).

Apabila sudah memenuhi syarat dan kriteria diatas, pelaku usaha mikro yang ingin mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta ini dapat mendaftarkan diri ke dinas koperasi dan UMKM provinsi dan kabupaten/kota, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga.

Selain itu juga, bisa mendatangi perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK dan Lembaga Penyalur Program Kredit Pemerintah yang terdiri dari BUMN dan BLU.

Bagi Anda yang berhasil lolos mendapatkan BLT UMKM Rp2,4 juta, maka akan mendapat pemberitahuan dari pihak bank penyalur (Bank BRI, BNI, dan Syariah Mandiri) melalui pesan singkat (SMS).

Adapun dokumen yang harus dibawa saat proses pencairan BLT UMKM Rp2,4 juta di bank di antaranya;

1. Buku tabungan

2. Kartu ATM

3. Identitas diri (KTP/KK)

Untuk diketahui, proses pencairan BLT UMKM Rp2,4 juta ini tidak dipungut biaya apapun. Apabila mendapat SMS terkait BLT UMKM Rp 2,4 juta, segera datangi bank penyalur. Hati-hati Penipuan!