Menkeu Sri Mulyani : Catat Nih... PNS Itu Bukan Penguasa, Tapi Pelayan!

Menkeu Sri Mulyani : Catat Nih... PNS Itu Bukan Penguasa, Tapi Pelayan!

Rabu, 14 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan bagi semua alumni PKN STAN yang diwisuda hari ini untuk tidak jemawa meski memiliki tugas penting dalam pengelolaan keuangan negara.

Ia pun menekankan, sebagai keluarga Kementerian Keuangan dan sebagai Pegawai Sipil Negara (PNS), harus menyadari bahwa dirinya bukan penguasa.

"Kalian akan menjadi bagian dari ASN, karakter utama yang harus dipelihara kalian bukan jadi penguasa, tapi pelayan masyarakat," ujarnya saat memberikan sambutan di wisuda PKN STAN, Rabu (14/10/2020).

"Karakter utama ASN bukan jemawa, tapi kemampuan berkreasi dengan loyalitas tinggi dalam institusi dan dalam NKRI," imbuhnya.

Menurutnya, memiliki karakter seperti ini akan menjadi tantangan yang harus dihadapi terutama dalam suasana pandemi Covid-19 ini. Sebab, dalam memitigasi dampak Covid-19 tugas bidang keuangan negara akan semakin besar.

"Bahkan waktu kita bekerja yang terbaik, tidak selalu kita dihadapkan pada situasi yang baik. Contoh seperti Covid, kita sudah bertekad akan membuat APBN sehat, kita sudah bertekad kumpulkan pajak, jaga belanja negara, utang negara untuk membuat keuangan negara tetap jadi kuat kemudian datang cobaan tantangan Covid-19," kata dia.

Tantangan yang datang tanpa diprediksi ini harus membuat pengelola keuangan mengubah rencana. Harus melakukan revisi keuangan negara dengan cepat sehingga tetap bisa membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Apakah kita mengeluh? tidak, apakah kita berputus asa? jelas tidak, apakah kita putus harapan? Jelas tidak, tapi kita fokus apa yang terjadi. Insting pertama bagaimana melindungi masyarakat waktu tantangan terjadi, insting pertama apa yang bisa kita lakukan agar masyarakat kita bisa kita lindungi dan bisa jadi masyarakat yang produktif," tegasnya.

Sumber : cnbcindonesia