Pemerintah Tetapkan Jadwal Pencairan Subsidi Gaji Guru Honorer

Pemerintah Tetapkan Jadwal Pencairan Subsidi Gaji Guru Honorer

Jumat, 16 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - Rencanya pemerintah akan mencairkan subsidi gaji untuk tenaga pendidik/guru honorer yang dijadwalkan pada akhir Oktober 2020.

Kebijakan ini merupakan perluasan dari program subsidi gaji yang sudah berjalan sebelumnya.

Dikutip Jurnal Garut dari PMJ News, diketahui, realisasi penyaluran anggaran subsidi gaji hingga awal Oktober 2020 ini mencapai Rp13,99 triliun atau 36,9 persen dari alokasi sebesar Rp37,87 triliun.

Hingga kini, program bantuan ini telah menyentuh 11,6 juta pekerja.

“Kami sedang menyiapkan implementasi bantuan subsidi gaji untuk tenaga pendidik honorer,” ujar Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi, Budi Gunadi Sadikin melalui siaran pers pada Jumat, 16 Oktober 2020.

“(Satgas juga menyiapkan) bantuan subsidi upah untuk pekerja mandiri, dan pembiayaan korporasi. Direncanakan mulai berjalan akhir Oktober ini,” sambungnya.

Realisasi serapan anggaran pemulihan ekonomi sendiri meningkat cukup signifikan pada pekan pertama kuartal IV 2020 ini.

Hingga 7 Oktober, dari total anggaran PEN sebesar Rp695,2 triliun, sudah Rp331,94 triliun atau 47,7 persen yang disalurkan.

Secara kumulatif, empat klaster program yang menjadi fokus Satgas PEN, yakni perlindungan sosial, UMKM, Kementerian-Lembaga-Pemda, dan pembiayaan korporasi, telah membukukan realisasi serapan anggaran hingga Rp277,68 triliun.

Penyerapan tertinggi melalui sektor UMKM, yakni program bantuan presiden (banpres) produktif. Banpres produktif sendiri telah terserap 100 persen untuk 9,1 juta pelaku UMKM. Program ini memberi hibah Rp2,4 juta untuk setiap pelaku UMKM.***