Resmi Dibuka, Beasiswa LPDP Khusus untuk Guru dan Dosen! Ini Persyaratan dan Link Pendaftaranya

Resmi Dibuka, Beasiswa LPDP Khusus untuk Guru dan Dosen! Ini Persyaratan dan Link Pendaftaranya

Kamis, 15 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, mengadakan beasiswa program Magister dan Doktor yang dibuka pada 6-20 Oktober 2020.

Terdapat dua jenis program beasiswa, yaitu beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) dan program beasiswa Pendidik.

Program beasiswa Pendidik LPDP adalah beasiswa yang diperuntukkan untuk:

1. Guru tetap pada sekolah di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)

2. Dosen tetap Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan dan Kementrian Agama yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN).

Beasiswa yang ditawarkan untuk guru dan dosen adalah program Magister (S2) dan Doktor (S3).

Beasiswa LPDP akan menanggung penuh biaya untuk durasi studi paling lama 2 tahun (24 bulan) bagi program Magister dan durasi studi paling lama 60 bulan bagi program Doktor.

Benefit dari beasiswa program Magister dan Doktor LPDP untuk beasiswa Pendidik berupa biaya penuh beasiswa meliputi biaya pendaftaran, biaya SPP, biaya tunjangan buku, biaya penelitian tesis/disertasi, biaya seminar internasional, dan biaya publikasi jurnal internasional.

Selain itu LPDP juga menanggung kebutuhan-kebutuhan selain aspek pendidikan selama menjalani studi, seperti biaya transportasi, biaya asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan di negara tempat melaksanakan studi, biaya keadaan darurat, serta biaya tunjangan keluarga (khusus program Doktor).

Pendaftaran beasiswa LPDP akan ditutup pada 20 Oktober 2020. Akan ada dua tahap seleksi, seleksi administrasi dan seleksi substansi. Berikut jadwal proses seleksi beasiswa LPDP 2020.
  • Pembukaan pendaftaran beasiswa pada 6 Oktober 2020
  • Penutupan pendaftaran beasiswa pada 20 Oktober 2020
  • Seleksi administrasi pada 21 Oktober-1 November 2020
  • Pengumuman hasil seleksi administrasi pada 2 November 2020
  • Seleksi substansi pada 4-20 November 2020
  • Pengumuman hasil seleksi substansi pada 4 Desember 2020
Cara pendaftaran beasiswa LPDP dan kelengkapan persyaratan pendaftaran dapat langsung dicek di situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.***