Tidak Perlu Mendaftar, Ini Cara Dapat BLT Rp500 Ribu per Kepala Keluarga Oktober 2020

Tidak Perlu Mendaftar, Ini Cara Dapat BLT Rp500 Ribu per Kepala Keluarga Oktober 2020

Kamis, 15 Oktober 2020


Merdekabelajar.my.id - Pemerintah melalui Kementerian Kesejahteraan Sosial (Kemensos) memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada masyarakat sebesar Rp500.000 kepada setiap Kepala Keluarga (KK).

Syarat utama untuk menerima dana BLT Rp500.000 ini adalah calon penerima terbukti tidak tercantum sebagai penerima bantuan dalam Program Keluarga Harapan (PKH), Program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), atau Kartu Sembako

Masyarakat tidak perlu mendaftar untuk menerima BLT Rp500 ribu ini, melainkan cukup dengan mengecek statusnya di situs Kemsos apakah ia terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak.

Pencairan dana BLT ini dapat dilakukan dengan memiliki kartu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

KKS bisa dibuat dengan mendaftarkan diri di ketua RT dan RW sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Jika sudah memiliki KKS, status penerima bantuan dapat dicek di situs kemsos. Berikut cara memeriksa status calon penerima BLT secara daring.
  1. Buka situs cekbansos.siks.kemsos.go.id
  2. Pilih  ID Kepesertaan. Terdapat 3 alternatif tersedia yaitu ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau Nomor Induk Kependudukan (NIK). Lalu masukan nomor ID sesuai alternatif yang telah dipilih.
  3. Tulis nama peserta dan isi captcha, lalu klik ‘cari’.
  4. Hasil akan muncul dengan status nama sebagai penerima bantuan atau tidak.
Apabila sudah mendapat keterangan status di situs cekbansos.siks.kemsos.go.id maka langkah selanjutnya adalah tahap pencairan dana BLT senilai Rp500.000.

Dana BLT akan langsung ditransfer oleh pihak Kemensos ke nomor rekening aktif pemegang Kartu Kesehahteraan Sosial (KKS) atau penerima bantuan dapat mencairkan sendiri uang tunainya melalui ATM, kantor bank, atau melalui E-Warong.

Pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp4,5 triliun yang diperuntukkan bagi 9 juta Keluarga Penerima Manfaat sebesar Rp500.000 per Kepala Keluarga. BLT ini dapat diterima oleh setiap kepala keluarga hanya sekali di bulan Oktober 2020 ini.***