AYO Download, SPTJM dan SK Penerima yang Jadi Syarat Mutlak Pencairan BLT Guru Honorer di Sini

AYO Download, SPTJM dan SK Penerima yang Jadi Syarat Mutlak Pencairan BLT Guru Honorer di Sini

Sabtu, 21 November 2020


Merdekabelajar.my.id - Pencairan BLT guru honorer atau BSU Kemendikbud membutuhkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). Berikut cara untuk mendapatkan SPTJM.

SPTJM jadi salah satu persyaratan yang diberikan Kemdikbud untuk para pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) mendapatkan BLT guru honorer atau BSU Kemendikbud.

Untuk mendapatkannya, para PTK cukup mencarinya dengan melakukan login di info.gtk.kemdikbud.go.id bagi guru honorer dan pddikti.kemdikbud.go.id untuk dosen.

Setelah mengakses link tersebut, PTK tinggal mengunduh SPTJM tersebut. Setelah diunduh dan dicetak, SPTJM harus diberi materai dan ditandangani.

Selain SPTJM, Anda juga bisa mengunduh Surat Keputusan penerima BSU Kemendikbud di link info GTK tersebut.

Untuk memeriksa nama Anda masuk sebagai penerima atau tidak bisa memeriksanya dengan login di info.gtk.kemdikbud.go.id untuk guru honorer dan dosen di pddikti.kemdikbud.go.id.

Syarat yang harus disiapkan PTK untuk pencairan yakni:

- Kartu Tanda Penduduk (KTP).

- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada.

- Surat Keputusan penerima BSU Kemendikbud yang dapat diunduh dari info GTK dan PDDikti.

- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang dapat diunduh di info GTK dan PDDikti, diberi materai, dan ditandatangani.

Dilansir dari Kemdikbud.go.id, proses pencairan akan dimulai sejak November 2020. Nantinya para penerima yang telah mempunyai rekening baru akan diminta untuk melakukan aktivasi.

PTK hanya perlu atang ke bank penyalur untuk aktivasi rekening untuk menerima BSU Kemendikbud. Nantinya PTK harus membawa dokumen yang dipersyaratkan dan menunjukkan ke petugas bank penyalur untuk diperiksa.

Tak usah khawatir rekening akan hangus. Pemerintah memberikan waktu sampai 30 Juni 2021 untuk mengaktifkan nomor rekening baru itu.***