Kabar Gembira, Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan IV Segera Cair, Cek Tanggalnya !

Kabar Gembira, Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan IV Segera Cair, Cek Tanggalnya !

Kamis, 26 November 2020


Merdekabelajar.my.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara menyampaikan kabar gembira bagi para guru bersertifikasi karena, tunjangan sertifikasi guru untuk triwulan 4 bakal segerah dicairkan awal Desember 2020.

Menurut Kepala Dikbud Pulau Morotai, Revi F Dara, bahwa anggarannya sudah masuk dan telah dilakukan proses pencairan tahap 1,  2, dan 3. Tinggal terakhir triwulan 4 dan saat ini telah diajukan pencairan, SPM-nya sudah masuk ke Dinas Keuangan.

"Saat ini, tinggal menunggu prosesnya karena, anggaran sertifikasi itu tidak melalui rekening Dinas. Dari pusat langsung ke Rekening Daerah baru ditransfer langsung ke penerima tunjangan sertifikasi alias masing masing guru yang bersangkutan sesuai SK yang sudah ditetapkan," terang Revi, Rabu (25/11/2020).

Bahkan Revi pastikan di awal Desember pencairannya sudah dilakukan dan tidak ditahan-tahan karena, kalau kelewatan Pemda bisa diberikan sanksi. Untuk itu, para guru dapat sedikit bersabar karena semua melalui mekanisme yang telah diatur.

"Mekanismenya, ketika dana itu telah dikucur oleh Pemerintah Pusat dan masuk ke kas Daerah langsung diproses administrasinya, selanjutnya langsung digeser ke rekening Guru penerima sertifikasi masing masing," ungkapnya.

Putra Buho-Buho Morotai Timur ini menyebutkan, Sementara ini, secara keseluruhan guru yang sudah mendapat sertifikasi di Pulau Morotai atau yang bakal menerima tunjangan sertifikasi sebanyak 118 orang Mulau dari Guru TK, SD sampai Guru SMP.

"Tentunya dengan besar tunjangan sertifikasi guru yang berbeda-beda, tergantung gaji pokok guru yang bersangkutan. Misal gajinya Rp 3.000.000 perbulan, maka setiap triwulan akan diterima Rp 9.000.000. Karena, gaji pokok dikalikan tiga bulan," ujar Kadis Pendidikan Kabupaten Pulau Morotai, Revi F Dara. (*)