Pendaftaran CPNS 2021 Digelar Lebih Cepat, Berikut Jadwal dan Syarat bagi S2/S1/D4/D3/SMA, IPK, TOEFL, TOEIC, Terakreditasi BAN-PT

Pendaftaran CPNS 2021 Digelar Lebih Cepat, Berikut Jadwal dan Syarat bagi S2/S1/D4/D3/SMA, IPK, TOEFL, TOEIC, Terakreditasi BAN-PT

Minggu, 08 November 2020


Merdekabelajar.my.id - Informasi mengenai pendaftaran CPNS 2021 sedang banyak dicari orang.

Pendaftaran CPNS 2021 kabarnya akan dilaksanakan mulai Maret 2021.

Jadi ada sekitar 4 bulan lagi sebagai persiapan jika Anda ingin melakukan pendaftaran CPNS 2021.

Seleksi CPNS 2021 membuka beberapa formasi yang bisa dilamar oleh Anda.

Ada formasi untuk lulusan S1/D4 dan juga formasi bagi lulusan SMA dan D3.

Terdapat syarat-syarat umum yang ditujukan ke seluruh pelamar seleksi CPNS 2021, antara lain:

1. Berusia 18-35 tahun saat melamar.

2. Tidak pernah dipenjara karena tindak pidana selama 2 tahun atau lebih.

3. Tidak pernah diberhentikan sebagai PNS, prajurit TNI atau anggota Polri. Serta tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Bukan merupakan PNS, prajurit TNI dan anggota Polri.

5. Bukan merupakan anggota partai, pengurus partai dan tidak terlibat dalam politik praktis. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

6. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

8. Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan IPK minimal 2,75 untuk lulusan D-III, 3,00 untuk S1 dan 3,20 untuk lulusan S2.

9. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan.

10. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah memperoleh penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.

11. Menguasai Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediction dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan nilai minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/ TOEIC minimal 405/IELTS minimal 5,5).

12. Bagi pelamar pria dan wanita dilarang memiliki tato dan bagi pelamar pria dilarang memiliki tindik.

Sebelum mengikuti seleksi CPNS 2021, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh panitia baik syarat umum maupun syarat khusus yang nantinya akan diumumkan oleh masing-masing kementerian/lembaga yang Anda pilih.

Jadi, terus pantau informasi terbaru seputar pendaftaran seleksi CPNS 2021. (Ramanda Rizki Sari/Jurnal Sumsel)

6 Tips Sukses Lulus Tes SKD bagi S2/S1/D4/D3/SMA/SMK

1. Kecepatan dan ketepatan

Dalam mengisi jawaban saat test diperlukan kecepatan dan ketepatan. Hal ini dilakukan untuk mencapai ambang batas waktu yang telah ditentukan.

2. Latihan membaca

Untuk soal Tes Intelegensi Umum (TIU), setiap peserta dianjurkan untuk sering melakukan latihan membaca serta mengamati pola pertanyaan dan jawaban dari soal sebelumnya. Hal ini dikarenakan sebagian besar soal yang diberikan memiliki pola yang hampir sama.

3. Pelajari makna Pancasila dan Undang-Undang

Untuk soal tes Wawasan Kebangsaan (TWK), peserta harus sering membaca tentang Undang-Undang, Pancasila, serta penerapannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

4. Posisikan diri sebagai PNS saat mengerjakan soal TKP

Saat mengerjakan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Anda harus memposisikan diri sebagai ASN, yang memiliki karakteristik yang profesional, berintegritas, siap mengabdi pada negara, dan mengutamakan kepentingan publik sebelum kepentingan pribadi.

Pembukaan dan Pendaftaran Lowongan CPNS 2021, Catat Kuotanya Lebih Banyak Ayo Bersiap.
Pembukaan dan Pendaftaran Lowongan CPNS 2021, Catat Kuotanya Lebih Banyak Ayo Bersiap. PRFM/Tommy Riyadi

5. Tenang dalam mengerjakan soal

Saat mengerjakan soal sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Jangan lupa juga untuk selalu memahami materi tes. Untuk strategi pengerjaan soal, peserta tetap harus berhati-hati.

6. Jaga kesehatan

Kesehatan sangatlah penting, kondisi kesehatan yang kurang baik akan mengurangi konsentrasi Anda dalam mengerjakan soal.

Karena itu, usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, serta berolahraga ringan secara teratur. Terlebih saat seminggu sebelum tes dilaksanakan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan jika ingin lulus passing grade saat tes seleksi CPNS.

Semoga lulus dan membawah berkah.***(Rana Haerana/Fix Makassar)