Kemendikbud Beri Bantuan Tunai Rp1 Juta Khusus Siswa dan Mahasiswa, Catat Syarat dan Link Websitenya

Kemendikbud Beri Bantuan Tunai Rp1 Juta Khusus Siswa dan Mahasiswa, Catat Syarat dan Link Websitenya

Selasa, 15 Desember 2020


Merdekabelajar.my.id - Ada kabar cukup baik bagi anda pelajar dan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan, baik siswa sekolah dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah menengah atas atau sederajat hingga mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta, yang berusia 6 tahun hingga 21 tahun.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama tahun 2020 ini telah berhasil menyalurkan program bantuan berupa uang tunai untuk para siswa sekolah dasar dan menegah hingga mahasiswa melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP adalah program bantuan tunai untuk pendidikan berupa uang tunai khusus diberikan untuk anak usia sekolah yang masuk dalam kriteria keluarga miskin dan rentan miskin yang sedang mengikuti pendidikan formal maupun non formal. Seperti dikutip DeskJabar dari Seputar Tangsel.

Bantuan pemerintah berupa PIP disalurkan melalui atau bagi pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan dapat dicairkan dalam bentuk dana tunai. Adapau kriteriia dan jumlah bantuan dana yang diberikan adalah sebagai berikut:
  • Untuk tingkat SD/MI/Paket A, setidaknya pemerintah berikan bantuan tunai sebesar Rp450.000 per tahun.
  • Untuk tingkat SMP/MTs/Paket B, peserta didik akan terima bantuan sebesar Rp750.000 per tahunnya.
  • Untuk untuk tingkat SMA/SMK/MA/Paket C, pemerintah juga akan berikan dana bantuan sebesar Rp1 juta per tahun.
Bagaimana cara untuk mengetahui apakah kamu telah terdaftar ke dalam Program Indonesia Pintar (PIP) pemerintah?
  • Pertama, kamu hanya perlu login ke website pip.kemdikbud.go.id, lalu klik 'Cek Penerima PIP'.
  • Setelah itu, kamu masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Tanggal lahir, dan Nama Ibu Kandung Siswa.
  • Setelah memasukkan data tersebut diatas, kamu dapat klik 'Cek Data', dan muncul nama anak, nama sekolah, tempat tinggal, serta bank penyalur program bantuan ini.
Sementara untuk kamu yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang perguruan tinggi dan sedang berkuliah, kamu segera dapat mengetahuinya di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, dengan mengikuti langkah-langkah selanjutnya yang ada di laman tersebut.

Perlu diketahui bahwa PIP merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk mencerdaskan bangsa dan negara, sesuai dengan apa yang tercantum di dalam UUD 1945.

Melalui PIP, pemerintah membantu para peserta didik untuk membeli perlengkapan sekolah seperti buku dan alat tulis.***